Wednesday, April 15, 2009

Pempek ICU

Pempek ICU

Dear JSer,

Kalau bicara soal Pempek (yang "katanya" namanya diambil dari penjualnya, Apek-Apek sehingga dinamakan Pempek .... untung yang jual namanya bukan Apu-Apu .... soalnya nanti ngga ada yang mau makan ha...ha..ha...) saya langsung agak gemetaran membayangkannya. Beneran, jujur saja pengalaman saya dengan Pempek itu selalu termehek-mehek.

Pada masa perjuangan dulu, waktu saya pacaran, kebetulan keluarga mantan pacar saya tidak suka makan gorengan seperti saya. Jadi, di meja makannya (sepengintipan saya) itu tersedia berbagai macam makanan kukus, kuah dan kawan2. Pokoknya kalau keluarga Indonesia punya gaya hidup seperti keluarga mantan pacar saya, jamin Bimoli bangkrut dan Lim Sioe Liong ngga bakal jadi konglomerat ..ha..ha..ha... Itu minyak goreng 1 botol di dapur sampai jamuran juga ngga dipakai2, paling buat gorengin telor untuk saya dan minyakin engsel pintu.

Jadi sebenarnya saya agak keder kalau sampai diajak makan-makan di rumahnya karena saya tuh ngga bisa makan dengan bahagia kalau ngga ada gorengan. Bener deh, daripada image gua hancur, nanti ketahuan suka pilih2 makanan ..... nanti misi gua gagal deh. Tetapi, ibarat kata pepatah, sepandai-pandainya tupai melompat .... akhirnya suatu hari gua harus makan bareng 1 meja. Tadinya sudah stress .... wah cilaka nih, kukusan apa lagi yang musti gua makan hari ini ? Moga-moga ada abon atau gua minta telor mata sapi ajah. Padahal sudah ditawarin, kamu mau telor mata sapi ? (sambil mendelik nawarinnya) .... saya sudah susun planning makan, saya sudah scan mejanya ... ada pempek. Wah, kalau pempek ajah sih gua masih bisa makan sama nasi. Jadi saya menolak untuk dibuatkan telor mata sapi. Nah, ibaratnya Partai Golkar yang salah perhitungan, saya juga salah perhitungan. Tetapi bukan berakibat kurang pemilih, tetapi saya jadi kaget. Ternyata itu pempek .... di kukus ...... sodara-sodara. Waktu di tawarin saya sampai .... glek... menelan ludah .... Alfons, kamu mau ngga ? Mmmmm.... mmmmm nanti deh tante, saya ambil sendiri. Lalu sambil cepat-cepat alihkan pembicaraan dan ambil sayur. Jadi selama makan malam itu saya cuman makan nasi putih dengan sayur hijau. Sampai-sampai camer saya kagum, wah ..... Alfons, saya baru tahu kamu doyan sayur...... bagus.... bagus. (dia ngga tahu penderitaan gua dan penyesalan gua menolak telor mata sapi tadi ...... mana abonnya sudah dihabisin lagi).

Kalau itu pengalaman dengan mertua, yang ini pengalaman dengan mantan pacar juga soal pempek. Suatu hari dia pengen banget makan pempek di TIM (Taman Ismail Marjuki) yang katanya sih enak. Selain itu pempek favorit mantan pacar saya adalah yang di Muwardi, deket rumah Inge (Inge temen gua ... jadi jangan bingung yah ..ha..ha..ha..). Ok, biar ngga di jepret sama Mods namanya Pempek 777, Jl. Muwardi - Grogol.
Karena namanya juga pacaran, ke ujung lautanpun kamu akan kutemani (bodo banget yah kalau orang pacaran :P). Maka saya ikut saja, padahal salah satu bagian terlemah dari badan saya adalah pencernaan, yang tidak kuat dengan pedas, asam, cuka. Wong waktu SMA minum susu pagi2 ajah habis itu langsung nongkrong di wc beberapa kali sampai siang, sampai-sampai guru curiga ... ini sebenarnya sakit perut apa cuma alasan karena tidak bikin PR ? Mana saya makan pagi cuma sepotong kue dan diajak makan pempek TIM dan saya ikutan makan 1 piring (kali ini pempeknya di goreng). Selesai makan pempek itu ... asal tahu JS-er. Saya langsung tepar 3 hari 3 malam. Pencernaan khachaw bhalaw (Chinta Laura Mode on). Perut saya langsung mengadopsi sistem akuntansi FIFO (First In First Out), semuanya enceeerr. Dan akhirnya baru tertolong setelah ke dokter, kalau saya ngotot ngga ke dokter ... jamin saya masuk ICU. Karena itu saya sedapat mungkin menghindari Pempek dan cuka.

Dua kejadian di atas berlaku kira-kira 10 tahun lalu, dan sejalan dengan perkembangan waktu, "kelihatannya" pencernaan saya membaik. Nah, waktu November 2008 kebetulan saya ke Palembang dan seperti biasa banyak titipan. Salah satunya adalah Pempek Dempo yang issuenya digemari oleh keluarga Megawati. Tadinya saya ingatnya pempek Megawati, tapi saya tanya ke teman di Palembang ... dia bingung .... ngga ada tuh pempek Megawati, lu ngeledek yah. Pempek Dempo kali ? Akhirnya saya putuskan untuk bawa pulang pempek Dempo dua dus. Satu untuk titipan dan satunya untuk teman2 di kantor.
Karena saya sudah "tahu diri" ngga boleh terlalu banyak makan kolesterol dan perut sudah agak kuat, saya sudah berani minum susu tiap pagi sama oatmeal untuk "menebus dosa" karena makan siang gorengan dan kolesterol semua. Maka besoknya anak2 kantor pesta pempek Dempo. Satu dus di bagi rame2 satu kantor, dan kabar "baik"nya karena saya yang bawa kebagian paling banyak. Karena mental JS-er, tentunya saya penasaran, kok sampai pempek ini terkenal sih .. pengen tahu sebabnya. Apa habis makan pempek ini gua bisa jadi ketua partai ... atau setidaknya Caleg ajah deh (asal jangan gila ajah :P). Pas saya cobain .... ASLI, ini pempek enak banget. Gurih, ikan belidanya berasa banget bedanya sama pempek biasa (EG Abing), cukanya ... pedesss ... sebenarnya perut saya tidak kuat pedas dan cuka, tapi karena enak, saya sikat terus, pempek Kapal Silem, Pempek rudal (ngga ding, ngga ada yang namanya begitu) sampai kenyang banget. Sampai saat makan siang saya masih berasa kenyang.
Wah... perut gua sudah kuat nih. Jam 3 saya meeting dengan notaris, ambil surat2 kantor. Pas berangkat, sebenarnya saya sudah merasa perut seperti gunung berapi .... tapi saya tahan2 masih bisa. Pas ketemu Notaris, kita sempat ngobrol2 1/2 jam ... gua jaim banget sama Notaris, ngomongin saham, bisnis dan kasus Dephukham. Nah .... pas 45 menit ...... persis pas mau pulang, rupanya itu susu, pempek dan cuka sudah bersatu ngerjain gua ...... perut gua melilit luar biasa .... sampai2 notaris memandang saya dengan heran ..... apa ada yang salah sama suratnya ? Saya gemetaran jabat tangannya, sampai2 dia curiga .... ini orang apa mau ngemplang biaya notaris yak. Tapi saya sudah benar2 ngga tahan ..... sopan santun sudah hilang. Pak saya ke kamar kecil dulu yah (setengah berlari) ..... muka saya asli sudah merah padam menahan serangan cuka pempek yang bersatu dengan asam laktat susu yang saya minum pagi2. Sampai di kamar kecil saya sambil menyesali nasib saya ...... kurang ajarrrr, image yang cape2 gua bina selama ini di mata notaris ... di hancurin oleh pempek Dempo. Muka gua mau di taruh kemana nih, gua ngga berani keluar. Akhirnya setelah lebih dari 1/2 jam saya baru berhasil menguras tangki dan pulang termehek2 ..... langsung beli Norit dan saya minum sampai 2 hari berturut2 baru dimaafkan oleh pencernaan saya.

Jadi yah begitulah, pengalaman saya dengan pempek selalu mengingatkan saya pada ICU. Intensive Care Unit.

salam,
Alfons

1 comment:

pempekasuka said...

Dear Pak Alfons,

Pempek Asuka mewakili semua pempek yang ada mao naik banding, Sebenarnya yang membuat Pak Alfons pencernaannya gemetaran bukan pempek tetapi cuko... pempek tak bersalah.
Ada yuk cuko yang sambal ijo nya dipisahkan jd cukonya tidak terlalu ganas.

tertanda,
www.pempekasuka.multiply.com