Wednesday, June 3, 2009

Soto Mie Angke

Dear Js-er,

Mohon maaf sudah lama tidak posting, setelah dibantu informasi tentang goreng kerupuk yang tidak pakai minyak dan informasi tentang soto mie di Pasar Kopro (yang sayangnya sampai hari ini belum sempat saya coba :() rasanya ngga sopan kalau saya tidak mengucapkan terimakasih kepada JS-er yang sudah mengorbankan waktu, bandwidth dan tenaga menjawab pertanyaan saya. Saya siap ajah kalau2 anda mau coba ketoprak belagu bareng :). Sekarang abangnya sudah baik sama saya dan kalau saya pesan selalu bawang putihnya dobel dan krupuknya pisah (ngga jauh2 ....). Karena itu sebagai tanda terimakasih saya coba buka rahasia saya yang terbesar ... Soto Mie Angke. (wakakakakaka ... ini sih bukan rahasia yak :P).

Ok, guna menyingkat bandwidth, daripada nanti gua di masukin penjara wanita Tangerang sama aparat hukum ngawur mendingan saya mulai postingannya.

Sampai hari ini, Soto Mie yang jadi favorit saya adalah Soto Mie Angke. Tetapi yang menjadi masalah bagi saya untuk menikmati Soto Mie ini adalah lokasinya. Jadi ibaratnya Donald Trump ingin bangun hotel dia akan cari 3L, Location, location and location. Maka kalau saya juga tidak mau kalah dengan Donald Trump, mau makan Soto Mie pertimbangannya Location, location dan location. Karena pertimbangan ini, maka sempat saya mencoba beberapa Soto Mie yang dekat kantor saya seperti Soto Mie Karang Anyar dan Soto Mie di Glodok (cabang Sawah Lio) yang menurut saya masih kalah dengan Soto Mie Angke ini, pointnya adalah selain kuahnya yang beda banget, juga dagingnya yang kecil-kecil dan dicampur segala macam (tidak sampai campur mur dan baut :P) tapi yah segala macam urat, tulang muda dan asesoris sapi lain yang membuat kenikmatan saya turun ... padahal saya sudah tegas bilang ..... Bang, pakai daging ajah (tapi selain daging tentunya gua mau mie, kol dan lainnya ... kalau daging doang yang datang mah itu namanya makan Steak). Satu point yang perlu dipuji dari Soto Mie Karang Anyar adalah krupuk melinjonya yang buesarrrr ...... tidak sampai sebesar ban serep, tetapi lebih besar dari CD (compact disc) dan kalau digado dengan kecap manis .... orang-orang bilang ... HEAVEN..... enaknya. Ngga tahu maksudnya apa, mungkin maksudnya kalau yang makan asam uratnya ketinggian kalau makan itu emping kebanyakan akan makin dekat sama surga (menghadap sang pencipta) kali yak :P.

Setelah bermain "serong" dengan beberapa Soto Mie, akhirnya saya tetap tidak bisa berpaling. Jadi kalau makan Soto Mie ngga usah belajar dari Donald Trump ... tapi dari Donald Duck ajah ...wakwakwakwakwak.

Nah, ibarat keinginan yang terpendam tetapi tidak tersalurkan. Maka makin hari keinginan makan Soto Mie Angke makin besar. Sampai satu hari terjadilah kesempatan dalam kesempitan dimana saya "kebetulan" mendapat tugas ke kota .... karena tugas ke kota, maka boleh dong melenceng-lenceng dikit ke Angke ... yah kira-kira 3 - 5 KM, kan dekat yah ..... apalagi kalau dilihat pakai Google Earth ..... itu jaraknya cuma 1 cm.

Tapi sebelum sampai ke cerita yang sebenarnya, saya mau ceritakan sejarahnya dulu (ha..ha..ha.. sok tahu). Jadi ini Soto Mie dikenalkan oleh saudara saya (siapa ajah yang kenalin makanan enak gua anggap saudara ..ha..ha..ha.., kalau yang bayarin saya angkat jadi Om/Tante) dan pertama saya tahu Soto Mie ini jualannya di pinggir Jl. P T.B. Angke, seberang Unilever (ngga tahu sekarang masih ada ngga Unilevernya) disana ada bengkel motor Honda AHASS. Nah, di sebelah kiri bengkel ini ada gang MHT (Muhammad Husni Thamrin), saya heran sih kenapa kalau gang yang muatnya cuma 1 motor ini di istilahkan MHT .. wong Thamrin itu kan jalannya lebar yah. Dan untuk mengetahui suatu makanan enak atau tidak tanpa deskripsi yang panjang-panjang, kamu bisa lihat antriannya atau coba beli terlambat. Antriannya sih biasa2 saja, wong yang tahu sedikit, tetapi kalau kamu beli jam 13.30 ...... Soto Mienya ... habisss.

Nah si Abang ini sudah jualannya di gang dan tidak punya website atau email ....... tahu-tahu suatu hari dia menghilang. Jadi saya sempat lost contact selama 1,5 tahun dan hidup serasa Hampa tiap kali mikirin itu Soto Mie. Sampai akhirnya mata-mata CIA dan KGB yang saya kirimkan mendapatkan informasi bahwa si Abang sudah buka kembali di samping Pasar. Jadi kalau kita jalan dari rel kereta api menuju Pesing, sebelum lampu merah perempatan Jembatan 3 (CMIIW) ada Pasar. Nah, Soto Mie ini berjualan di kios 10 - 15 meter sebelum pasar, dekat lembaga pendidikan Harvard (yang ini asli bukan cabang Harvard Amerika). Pas saya samperin rupanya memang benar, abangnya sudah jualan disana lagi.

Satu hal yang cukup membuat stress adalah tempatnya itu agak kotor. Tetapi hal itu ditutupi oleh Soto Mie yang mantap. Ibarat kalau cewe cakep, suka ngupil dikit2 cincailah. Kalau mau tahu mantapnya gimana, kira-kira begini :

1. Dagingnya beneran daging (saya sering makan soto dapat daging lidah dan bagian lain ... ini bikin bete banget) dan ukurannya besar. Kira-kira 2cm X 2 cm. Empuk, jadi ngga kaya daging ngga niat soto Mie lain yang kalau dicari harus pakai usaha khusus.
2. Kuahnya, ini yang jadi point terbesar. Ada ciri khas daun bawangnya banyak dan mengambang di atas panci, jadi pas diambil kuahnya sama abangnya pasti kita akan dapat potongan daun bawang yang kira2 1/2 cm tebalnya. Lalu ada lapisan bumbu yang mengambang .... ngga tahulah namanya apa, warnanya oranye. Mungkin dari tomat / wortel yang matang.
3. Kaldunya berasa dan rich dengan rasa kaldu dan bumbu.
4. Kalau diterusin lagi gua bisa dibilang ngibul nih.

Nah, pas kemarin saya datang, ada enci-enci lagi makan dan ngobrol kencang-kencang. "Gua makannya cepat yah, ngga kaya orang Jawa" ha..ha..ha..h.a. Dalam hati saya bilang, alaaaa bilang ajah laper.

Terus ada lagi satu mbak yang ngotot banget pesannya kaya memberikan pesan terakhir saja.

BANG, ingat yah. Risolesnya musti di pisah yah BANG. Ingat yah BANG ... di pisah... dipisahhhhh
Iya Bu
BANG, ingat yah. Risolesnya jangan dipotong2 yah BANG. Sambil menatap abangnya dalam-dalam ....... bisa ulangin ? Jangan dipotong2.....

Kalau gua jadi abangnya dan digituin yang mesen bisa gua potong, untung abangnya sabar dan iya iya ajah.

Seperti biasa saya pesan Soto Mie dengan daging saja tanpa jeroan.

Pas Soto Mie saya datang, saya cari-cari ...... kok risolesnya ngga kelihatan ? Apa dipisah juga sama si Abang. Apa gara-gara gua bilang daging ajah jadi dia ngga kasih risoles ? Wah, gua agak emosi. Yang mau pisah risolesnya si Mbak “pesan terakhir”, kok risoles Soto gua yang dipisah. Tapi daripada rame sama si Abang akhirnya saya ambil positive attitude ajah, ikutin Steven Kopi (7 habit) saya pesan Risoles lagi 2 buah, kali ini dipisah dan tidak dipotong.

Asal JS-er tahu, tiap kali saya makan Soto Mie ini, saya pasti end up kekenyangan. Karena sudah porsinya besar dan saya rasanya ngga afdol kalau ngga makan Soto Mie dengan nasi putih. (jangan heran, gua biasa makan duren juga pakai nasi putih, sampai2 si Mbok di rumah saya takjub kaya nonton topeng monyet grrrrr ... eh salah... nguk...nguk).

Pas saya baru mengorek-ngorek sotomienya, eeeh.. baru kelihatan bahwa di dalamnya sudah ada risoles yang berendam dengan manis tertutup oleh Mie, daging dan kol. Karena kelamaan keredem sudah leyeh2. Sempat kepikiran sih untuk balikin risolesnya. Tapi namanya JS-er kalau sudah pesan makanan pantang dikembalikan / tidak habis maka saya paksakan habisin soto plus risoles tambahan itu (asal JS-er tahu dulu saya pernah mengambil keputusan milih pacar dengan yang sekarang karena dia makannya habis, padahal dulu ada saingannya yang secara penampilan tidak kalah keren ... tetapi akhirnya di eliminasi karena .... waktu makan kwe tiau bareng ... dia tidak habis ..... wah, bisa di cokok emak gua kalau kaya gitu :P).

Maka setelah selesai makan Soto Mie Angke ini, saya asli pindah gigi (ikat pinggang) dan langsung merencanakan untuk treadmill, plus sauna.

Pas pulang ada sedikit hiburan lagi. Ada dua engko2 keren, naik BMW turun mau beli Soto Mie. Belum dekat..... abangnya sudah bilang...... sudah habis Boss.... ha..ha..ha.. si Boss ngga dapat makan Soto Mie :P. (emang sirik yah, ngga bisa naik BMW asalkan bisa naik BMX dan makan Soto Mie Angke ...ha..ha..ha..)

salam,
Alfons

No comments: