Tuesday, December 16, 2008

Ketoprak paling berlagu sedunia

Dear JS-er,

Sebenarnya waktu untuk cerita sangat sempit karena ini akhir tahun, jadi saya harus kerja keras mencari sesuap nasi (jualan terompet..ha..ha..ha..). Tapi karena sudah ditahan-tahan dari saat sebelum Lebaran dan puncaknya hari ini, gua dikadalin abang tukang Ketoprak lagi .... makanya mendingan gua ceritain deh, daripada si Abangnya gua guna-guna ..ha..ha..ha..

Semuanya berawal dari kebetulan belaka. Pertemuan saya dengan ketoprak yang satu ini terjadi secara kebetulan, mau dibilang terkenal ... yah ngga .... tetapi nyatanya membuat hati kepincut. (bukan abangnya yah, gua masih normal).

Pada suatu hari siang yang terik, ketika saya ingin ke bank di bilangan Gajah Mada, Jakarta (kalau Mas Gatot pasti bilang ... sepelemparan batu dari Glodok .... haaaaa ini mah jauh banget (yang lempar Superman :P), bisa beberapa lemparan batu dari Glodok ... jadi se estafetan lemparan batu dari Glodok ..... soalnya ini dekat sama Bakmi GM) saya sebenarnya buru-buru ingin ke bank dan meneruskan dengan makan siang di Bakmi GM. Seperti biasa saya parkir di BCA Gajah Mada yang dekat Gedung Arsip (soalnya parkiran di depan Bakmi GM itu abangnya galak2 dan tidak pantas dijadikan mantu (soalnya matre ... minta duit parkirnya minimal 3000, kalau lama dia kali 2). Jadi olah raga sedikit, dari BCA lewat Gedung Arsip, lalu Gramedia, teruuuuus ada kantor Pos Kota, Republika ....... nahhhh pas di depan Republika saya melihat ada satu gerobak warna kuning hijau (atasnya kuning, bawahnya hijau ... bukan belang2 kuning hijau kaya zebra cross...) yang abangnya lagi sibuk ngulek kacang di 5 buah piring makan yang berjejer di gerobak yang sempit (benar nih, jadi si abangnya ngulek langsung di piringnya .. jadi sampai itu kacang yang warnanya agak coklat muda luber-luber ke bibir piring, nah saya tuh masih ngga ngeh bahwa si abang tuh jualan ketoprak .... kirain mah orang lagi demo masak ... soalnya kan pikiran ngga konsen, buru-buru mau ke bank. Tapi pas selesai dari bank saya lihat lagi .... eh ... kayanya itu ketoprak dan sebagai JS-er lihat penampilan ketoprak itu ibaratnya anak cowo lihat Luna Maya lewat .... Wah, kalau begitu saya putuskan untuk coba deh ketoprak itu. Pas saya samperin ..... eeehh .. abangnya cuek ajah, kaya orang ngga butuh pembeli dan sibuk sendiri .... lalu dengan sebal saya bilang ... Bang, ini jualan yah ? (sudah tahu orang jualan masih ditanya ... maksudnya sih mau nyindiiir) ...... sambil kerja dan tidak menoleh sedikitpun si bang bilang... iyah. Belum sempat saya bilang apa-apa si abangnya bilang ..... tapi sudah habis, jadi sudah ngga ada. Ini pesanan orang semua ......

WAKS .... gua ditolak mentah-mentah oleh si Abang tukang Ketoprak .....

HUH ... gua makan Bakmi GM ajah, dasar berlagu.

Tapi yang namanya penasaran itu rupanya yah gitu. Secara psikologis, kalau kita ketemu sesuatu yang seakan mudah di dapatkan tetapi tidak dapat-dapat ........ biasanya malah makin napsu pengen nguber .... kalau yang langsung dapat.... sudah ngga seru .... justru yang seru itu tantangan mengejarnya :P. Gara-gara di tolak sama si Abang itu, saya sampai terobsesi kepikiran makan ketoprak terus dan beberapa hari kemudian saya mampir ke depan Republika lagi, demi mengejar tambatan hati .... Ketoprak ... dan asal tahu JS-er, gua berasa bagai Samsul Bahri lagi nguber Siti Nurhalisah ... eh salah ding... Siti Nurbaya ..... berkali-kali gua tidak berhasil ketemu abangnya. Pas saya uber itu seminggu sebelum puasa .... selama bulan puasa ... rupanya abangnya memutuskan untuk mengikuti jejak Sari Bundo (libur... bukan naik haji :P). Jadi saya harus bersabar sampai Lebaran lewat ... sampai-sampai waktu liburan Lebaran di Bali saja masih kebayang-bayang ... itu ketoprak (bukan abangnya) ..... pokoknya habis Lebaran nanti gua musti makan .... sampai2 mantan pacar saya bengong dan curiga ... ini lagi ngelamunin apa kok sampai sering terlena kaya ayam sakit gitu.

Dua minggu setelah Lebaran, saya samperin lagi ... EEEEEHH.... dia belum buka. Rasanya hati ini panas banget dan saya sampai nanya ke tukang soto di sebelah abang ketoprak itu. Bang, yang jualan Ketoprak mana ? Masih jualan apa dia kawin lagi ? Apa pindah ? Si abang soto sih cuek bebek, ngga tahu ... mungkin pulang kampung kali, belum pengen balik Jakarta...... Alamaaakkk ini abang gua sumpahin deh biar duitnya dikampung cepet-cepet habis ... jadi dia cepat2 balik Jakarta dan jualan Ketoprak lagi.

Sampai pada minggu kedua November ... tiap kali saya lewat depan Bakmi GM di Gajah Mada, saya pasti meminggirkan kendaraan dan memantau "sasaran" saya ... sudah buka belum nih. Gua ngga terima kalau ngga dapat. Dan akhirnya pada minggu ketiga saya lihat si abang ketoprak jualan lagi. .... WUIIIHHH hampir saya peluk (ooooopss ngga deh ...) lalu saya buru2 parkir di BCA lagi (pura2 ambil uang di ATM supaya ngga diusir satpam BCA ... padahal saldonya ngga ada ..ha..ha..ha.. soalnya saya mau ambil pecahan Rp. 5.000,- ngga ada) lalu saya langsung tongkrongin tuh abang. Kira-kira waktu menunjukkan 12.30 dan waktu saya datang seperti biasa si Abang lagi ngurusin 5 buah piring yang dijajar dan mengulek kacang langsung di piring ketoprak yang nantinya langsung diserahkan ke pembeli. Rata-rata pembeli adalah yang bungkus katakan 70 : 30 statistiknya (nanti mungkin minta LSI untuk lakukan survey yang lebih akurat yah). Pas pesan ketoprak ke abangnya ...

Bang... ketopraknya satu yah.

Dasar berlagu ..... bukannya terimakasih dapat kehormatan ada anggota JS mau beli makanannya dia malah jawab ...

Tapi harus sabar yah, ini masih lama ..... buset dah, ini mah lebih ngocol dari tukang Gado-gado Tamansari (yang hampir angkat saya jadi sodara karena keseringan makan disana ..ha..ha..h.a.).

Yah sudah saya diam saja dan duduk manis di bangku panjang ... asal JS-er tahu bangku panjang yang disediakan cuma 1 kira-kira 2 meter X 50 cm (gua ngga bawa penggaris tapi kira2 segitu deh), jadi makan tanpa meja dan duduk ajah kaya tukang parkir nungguin mobil. Kalau yang datang lebih dari muatnya kursi panjang ? Gimana ?

... berdiri ajah.

Kalau ngga senang ...

protes ?

Protes ajah sama si Abang ... :P

Saya amati abangnya dan ada banyak hal yang membuat "kesengsem" sama ketoprak ini (bukan abangnya ... kalau dia ada anak cewe kece mungkin gua nanti deketin .... untuk tahu rahasia jualan ketoprak ... biar gua bisa buka franchise ketoprak :P, nanti gua bundling, beli ketoprak dapat hadiah Flash Disk) :

  • Panci-pancinya si abang itu asal JS-er tahu itu panci stainless semua (at least di mata gua yang awam ini kaya stainless, gua ngga sampai cari ahli metalurgi untuk memastikan itu stainless atau bukan). Jadi bihun, kacang di simpan di panci stainless sendiri, toge ... disimpan di panci stainless lainnya. Kalau si abang meleng mungkin panci stainless itu mau gua timpa kali :P. Buat masak di rumah, soalnya cakep sih ... kaya Luna Maya ..ha..ha.h.a.. (bentar lagi Luna Maya ngamuk sama gua ...ha..ha..ha..).

  • Si Abang kerjanya sangat sitematis, mungkin dia pernah training di TMC (Toyota Motor Corporation) pakai istem JIT (Just in Time). Jadi pertama-tama dia terima order dulu (waktu habis terima duit dia cuci tangan di ember dan lap pakai lap bersih... meskipun airnya ngga diganti2 tapi masih mending kan, daripada ngga cuci tangan, atau habis cuci tangan terus lap-lap di pantat :P). Lalu dia susun piringnya, terkadang 5, terkadang 6. Bukan 7 atau 8 karena nanti dia jadi musti jongkok ngulek di lantai trotoar soalnya itu gerobaknya sudah mepet habis buat taruh piring. Kemudian tahu air diambil dari ember khusus yang ditutupin (supaya ngga di lalerin) dan dengan cekatan ditaruh satu per satu ke kuali berisi minyak goreng yang sudah mendidih ...Cessssss senang dengernya air di tahu ketemu minyak di kuali (seperti kata pepatah .... asam di gunung, asam di laut .... bertemu di perut Alfons ..ha..ha...ha..). Nah, sambil menunggu tahunya matang, abangnya langsung mengambil kacang (dari panci stainless lhooo) dan ditaruh di tiap piring, lalu cepat-cepat dikasih air dan diulek satu-per satu. Sebagai catatan, kacangnya itu termasuk generous banget, kalau dibandingkan ketoprak Ciragil (jangan lupa coba bakwan jagung di Ciragil K.H. Samanhudi – seberang Krekot, cobain sama ketoprak dan telur dadar ..... one of my favorite that can compared to Gado-gado Taman Sari ....... ngga pakai lama lagi) .... kacangnya lebih generous. Kerjaan mengulek ini yang termasuk paling lama dibanding kerjaan lain seperti menaruh bihun, ketupat dan toge. Piringnya itu yah agak fragile, kalau saya yang disuruh ngulek, jamin itu piring pecah tiga .... lha, wong piring hadiah so klin yang tidak rata tetapi berlekuk dan agak tipis .... rasa-rasanya kalau dipelototin kelamaan ajah piringnya ketakutan... bisa-bisa pecah sendiri :P.

    Baru 3 piring di ulek, si abang langsung membalik semua tahu. Pas 5 piring selesai di ulek, si abang langsung langsung cekatan mengeluarkan talenan dan mengambil tahu satu-per satu ... potong dan taruh di tiap piring. Setelah itu ketupat, bihun, toge ..... terakhir bawang lalu dikasih kecap manis (sorry ngga lihat mereknya). Sambil sibuk memenuhi permintaan pemesan ... ada yang tidak pakai toge (mungkin takut jadi punya anak lagi yak) ... ada yang tidak pakai ketupat .... cuma tidak ada yang tidak pakai kacang..ha.ha..ha..

Demi mendapatkan ketoprak saya harus menunggu kloter kedua. Sambil menikmati si Abang berlagu itu menolak satu pembeli lagi yang pas datang ... belum pesan sudah ngomong .....

Ini sudah habis dipesan dan tidak ada lagi ... ha..ha..ha.. dasar berlagu

Tunggu punya tunggu kira-kira 15 menit akhirnya ketoprak saya datang dan diantarkan oleh si abang sendiri. Saya punya perasaan order saya agak diselak oleh si abang... jadi agak cepat nyampenya .... ada ibu2 yang nungguin dari tadi tapi kok saya dapat duluan ... tapi kayanya ngga berani protes tuh ... takut dibilang ..... ini sudah habis dipesan ... jadi untuk ibu sudah tidak ada lagi... :P.

Rasanya

Ok, pertama yang datang adalah ketoprak seperti biasa, ada ketupat, kacang, tahu, bihun, toge ... yang saya suka banget itu kacangnya ... ini benar2 generous ... jadi kacang paling generous yang pernah saya dapatkan dari tukang ketoprak, kalau tukang gado2 yang paling generous kacangnya adalah Gado-gado Cemara yang di Wahid Hasyim (bukan yang buka cabang dimana-mana ... itu mah pecahan dari ex management Boplo). Lalu salah satu yang bikin seru adalah tahunya. Sebenarnya dibandingkan tahu yang lain sih tidak terlalu istimewa dan rasanya juga agak sedikit asem, tetapi teksturnya lumayan dan terutama karena panas-panas. Lalu hal lain yang membuat seru adalah itu piring penuh sama ketoprak dan kerupuknya yang warna oren ... kerupuk pasar .... gua ngga berani ngaduk ... karena kalau ngaduk PASTI ada kerupuk yang jatuh.... jadilah gua makan itu ketoprak dari pinggir ...... kosongin tempat dulu supaya jangan ada yang tumpah... tapi akhirnya ada juga kerupuk yang jatuh ... aduuuhhh sayang banget. Kalau mau nilai makanannya tanpa lihat harga ... saya bilang ketoprak ini boleh lawan Ciragil ... walalupun sebenarnya tidak terlalu fair karena si Abang ngga pakai piring ceper dan besar seperti Ciragil, tidak pakai AC ... tetapi sebaliknya ketoprak ini tidak pakai mahal.

Kalau JS-er tahu harganya .... saya jamin... langsung semua bilang ini lebih enak dari Ciragil...ha..ha..ha...

Ada catatan kecil yang saya perhatikan juga, dimana si abang ketoprak ini rupanya memperhatikan hal-hal kecil (tetapi bagi saya sangat penting). Kantong plastik untuk bungkus. Jadi kalau ada yang pesan ketopraknya bungkus maka si abang akan menggunakan kantong plastik HITAM .... asal JS-er tahu, kantong plastik hitam itu adalah kantong plastik yang merupakan campuran dari semua kantong plastik bekas ... sebenarnya tidak masalah dan bagus kan kalau daur ulang tetapi yang menjadi masalah adalah kantong plastik hitam itu berbau dan saya cukup yakin itu beracun ... kalau tidak percaya silahkan kamu makan..ha..ha..ha.. cium baunya saja sudah kaya minum wine 3 botol. Dari baunya saja sudah tercium bahwa kantong plastik hitam itu berbahaya .... mungkin karena banyak kotoran dan tidak dibersihkan secara sempurna dan langsung dimasak / dihancurkan sehingga pokoknya saya kalau belanja dikasih kantong plastik hitam ....... tidak seperti iklan shampoo.... pakai hitam ? .... elu ajah deh.

Nah, si abang ini untuk ketoprak yang sudah dibungkus dengan pembungkus dan dikaretin itu tetap dia pakai kantong plastik hitam, tetapi khusus untuk kerupuknya yang dipisahkan dari ketoprak (tidak terlalu jauh pisahnya) si abang mengambil kantong plastik lain ...... warnanya putih ...he..he.h.e.. diam-diam saya salut dan mengerti mengapa ketoprak ini berbeda dengan ketoprak abang2 yang lain.

Berlagu atau hebat ?

Nah, ini sebenarnya ada dua sisi. Kalau dari sisi pembeli memang jadi sulit kalau mau makan ketoprak berlagu ini (dari pembicaraan dengan sebelah saya ini namanya Ketoprak Pos Kota ... walaupun abangnya jualnya sudah di depan Republika). Tapi saya salut dengan si abang yang tidak muluk2 dan sudah puas dengan 40 piring ketoprak per hari ... dan dia bisa menikmati hidupnya. Mau tahu harganya ?

Satu piring Rp. 6.000,- ... buset dah. Ini lebih murah dari minuman di beberapa restoran tempat gua makan siang :(. Dan si abang ini happy menjalani hidupnya.

I think I should learn from him ...... live your life ......

salam,

Alfons

6 comments:

Anonymous said...

Wah Fons, kalau gitu gua juga musti coba dong tapi kalau denger cerita nya musti bolak balik beberapa kali baru bisa nyobain, bisa-bisa gara-gara nguber ketoprak ane bisa di pecat dari kerjaan sebab tiap hari keluar nguber ketoprak.
Anyway thanks for the story of ketoprak pos kota

Alfons On The Blog said...

ha..ha..ha .... kalau waktunya cukup buat makan siang sih boleh. Tapi kalau jauh memang urusannya berabe. Kantor kamu dimana ?

Anonymous said...

gaya nulislo...brisik bos...

Alfons On The Blog said...

:)

Anonymous said...

1. Ketoprak Pejagalan 1 Pekojan [sebrang ayam kampung asean]
2. Ketoprak Borobudur Latumenten [sebrang ayam kalasan borobudur]

Alfons On The Blog said...

Nanti aku cobain deh. Thanks for info. :).