Monday, October 6, 2008

Ngayogyakarta (part III)


Dear JS-er,
Ngayogyakarta (part III) terakhir.

Moga-moga belum bosen yah baca cerita saya .......

Sekarang ini beneran cerita soal makanan dan bukan hotel oke atau airline matre.

Walaupun semua Jser tahu dan berkali-kali dikasih tahu kalau mau cari informasi tentang makanan sebaiknya search dulu di arsip milis JS. Tetapi memang setiap kali ada saja member JS yang menanyakan ingin pergi ke suatu tempat dan makanan apa yang direkomendasikan. Dan tentunya moderator yang sudah gamer ... bukan gemes tinggal kirim peringatan copy and paste .... cari dulu di arsip milis baru tanya....dan ini terjadinya berulang-ulang.
Tetapi memang saya mengalami hal ini juga, pas mau ke Jogja bingung cari makan dimana. Mau cari di arsip milis JS ..... buset dah, biar gua cukup familiar ngoprek milis juga agak tidak efisien karena harus sortir satu persatu semua posting yang ada kata makan, kuliner atau apa gitu di Jogja. Karena itu saya lebih mengandalkan Googling saja. Ketik makanan di Jogja atau Kuliner Jogja ....... langsung keluar tuh berjibun hasilnya. Sekarang pusingnya lain lagi, sortir mana yang berguna dan mana yang iklan.
Salah satu yang saya jadikan panduan adalah website multiply milik salah satu orang Jogja (yang ngakunya gede di Jogja ... setidaknya begitulah ngakunya di blognya, gua mana tahu kalau dia gede di Sampit terus ngaku2 di Jogja ... tapi rekomendasinya patus diacungi jempol dan cukup aurat ..... eh.. akurat) http://mycapsicum.multiply.com/journal/item/23/Wisata_Kuliner_Jogja

1.Mang Engking, spesialis udang
2.Kowloon, chinese food, paling enak nasi goreng sama sapi ca lada hitam.
3.Ayam goreng Ny. Suharti, banyak cabangnya di kota lain, tapi paling enak emang di Jogja.. asli gitu loh..
4.Gudeg Permata, bukanya malem jam 9... Tapi enak buanget gudeg di sini, plus kadang bisa ketemu sama Nugie. (Komentar Alfons : ... Nugie itu sapa yah ?? Kira-kira dia kenal gua ngga yah ... Alfons / Algie getu loohhhh).
5.Es krim Tip Top, emang udah terkenal dari jaman papaku masih SMA. Es Tuti Frutty-nya muantabh (Alfons : ini lagi siapa tuh Tuti ... dia yang bikin es krimnya ??)
6.Soto Sapi Pak Mustofa. Biasanya aku makan minimal 2 mangkok. Lidah goreng-nya enak banget.
7.Soto ayam Pak Tembong. Ini sih langganan sejak aku kecil.
8.Ayam Goreng Bu Tini. Ayam goreng bacem nih...
9.RM. Andalas. Masakan padang, enak tapi murah. Menurutku ini paling enak di antara RM padang yg lain.
10.Martabak Popular Klitren. Martabak manis sama martabak asin enak semua... Pisang goreng-nya juga enak.

yang memuat 41 tempat makanan yang recommended di Jogja. Walaupun postingnya 17 Januari 2006 tetapi rata-rata masih banyak yang valid. Ini saya berikan sedikit contoh 10 list makanan beserta komentarnya. :) untuk lebih lengkapnya silahkan lihat sendiri di blognya yah. Saya merasa perlu menginformasikan hal ini sebagai penghargaan atas jerih payah pembuat daftar ini sehingga mempermudah saya untuk tambah bingung memutuskan makan dimana :P (memang proses bingung itu yang dicari-cari ... makannya belakangan :P).

Pringsewu (Jl. Magelang KM 9)
Kalau JS-er yang tukang makan dan lihat saya review Pringsewu, kemungkinan akan sedikit mengernyitkan kening ...... karena seharusnya Pringsewu tidak masuk dalam list tempat makan yang seru banget seperti Mang Engking atau Nyonya Suharti (ini jualan ayam, bukan Nyonya Suahrtinya). Kok bisa-bisanya dikunjungi.
Ceritanya begini, sepulangnya dari Borobudur menuju Jogja, saya sudah mengincar Sop Empal di Muntilan yang menurut teman saya di Jogja recommendeddedded. Letaknya di jalan (kecil) sebelah Klenteng warna merah (.... yah iyalah .... masa yah iya dong ...... mana ada klenteng warnanya biru ... itu mah Pepsi Blue). Sewaktu menuju Borobudur, saya sudah ingat2 posisi Klenteng dan mengunci sasaran .... pokoknya kalau pulang gua harus cobain tuh yah sop empal. (walaupun menurut saya namanya agak aneh ..... empal itu enaknya dijadiin gepuk :P, ini dijadikan sop ... bikin penasaran ajah). Tapi apa lacur.... (tanpa awalan “pe”) setelah berjuang menahan rasa lapar (dimana dua boss kecil saya di cekokin sama biskuit dulu...ha..h.a.h.a..) pas ketemu...eh.... sop empalnya TUTUP ...... walah... Bu Haryoko ..... teganya dikau membuat daku kelaparan. Jadi saya cuman bisa menikmati sop empal dari gambarnya saja http://muntilan.net/website/content/view/18/26/ dan pulang dengan sedih. Tapi dua bos kecil sudah mulai ngga sabar ...... kalau mereka marah karena kelaparan bisa-bisa gua digigit nih. Jadi saya harus segera mencari pengganti makan siang supaya mereka jinak. Maka sepanjang perjalanan pulang ke Jogja saya dan mantan pacar pasang mata ..... cari tempat makan yang masih buka. pas Lebaran hari pertama. Dan disitulah hebatnya si Pringsewu. Reklame pringsewu itu sudah muncul sejak kami belum masuk Muntilan, jadi untuk ibu-ibu kalau suaminya ngaku ke Borobudur menuju Jogja dan bilang tidak lihat iklan Restoran Pringsewu ..... kemungkinannya cuma dua :
1.Dia ngga ngerti Bahasa Indonesia (siapa tahu suaminya orang Rusia, Jepang atau Arab tetapi jago nyetir yak).
2.Suami anda ngibul :P (wah gua buka rahasia suami suami takut istri nih).

Singkatnya begini, sepanjang perjalanan kira-kira tiap 5 KM (atau kurang) ada plang Pringsewu .... 30 KM lagi .... Pringsewu ... 28 KM .... Pringsewu ...25 KM (ngga persis begitu tetapi kira-kira itu yang saya ingat). Terus sampai mau 0 KM saya sudah siap-siap, jangan-jangan ini April Mop .... pas 0 Kilometer kok ngga kelihatan ada apa2 .... tapi rupanya tidak .... sedikit tetutup pohon dan tikungan, kelihatan plang guede-guede sebesar kontainer (kalau hiperbolik gua jago yak :P)..... tapi ini bukan kontainer, melainkan plang restoran Pringsewu. Karena sudah kelaparan dan sebagai orang marketing saya harus menghargai usaha Pringsewu sudah nunjukin jalan ..... betul nunjukin jalan jadi saya tidak ragu akan nyasar karena Pringsewu ada di pinggiran Jogja. (kan saya pulang ke Jogja, jadi ngga usah lihat peta). Pas parkir...... wah.... mobil lumayan banyak ada 30-an mobil ... rata-rata platnya bukan AB (Jogja) dan malah banyak yang B ... artinya banyak korban2 Pringsewu yang berasal dari Jakarta.... atau memang rata-rata orang Jakarta agak culun2 kaya gua yah .... decide by reklame :P. Tampatnya sangat luas dan nyaman. Kalau mau tahu kesan saya mengenai Pringsewu satu kalimat cukup mewakili :

“Deddy Corbuzier kalau gagal jadi pesulap yah dia buka restoran Pringsewu”

Kenapa ?
Soalnya pengelola ini cukup marketing minded. Dari papan reklame sepanjang jalan, dia juga menyediakan peralatan sulap sampai ada satu meja ajaib dimana kalau kita foto di meja itu badan kita bisa hilang, jadi tinggal kepalanya saja :).

Soal makanan rasanya sih standar, kalau mau bilang enak sekali saya rasa tidak, tetapi tidak sampai tidak enak (ha..ha.h.a... ini penilaian kaya apa nih).

Oh ya, ada satu lagi yang cukup menarik. Sepulangnya dari Pringsewu, 300 meter kemudian kami tetap mendapatkan reklame Pringsewu. Yang bunyinya kira-kira begini :

PERHATIAN !!
Anda sudah kelewatan.
Pringsewu ada 300 meter di belakang anda.
Jadi segera memutar untuk ke Pringsewu.....

:)

Bakmi Pasar Baru
Ini sekalian cerita Mie Pasar Baru – Jakarta. Ini lokasinya yah masih etap di Jogja, hanya namanya saja yang pakai Jakarta. Sebenarnya saya agak heran yah, orang Jakarta jauh-jauh cari makanan keluar kota, masa dapatnya judulnya Jakarta juga. Kaya saya dulu cari pisang goreng Pontianak, sudah jauh-jauh ke Pontianak bayar tiket pesawat terbang...... pas mau beli .. nama warung yang jualan pisang gorengnya ... Pisang Goreng Jakarta ... buset deh. AMsih bagus dia ngga bilang ... Pisang Goreng Jakarta .. Cabang Tanjung Duren :P ...ha..ha.h.a..
Ok, kita putuskan makan siang mie karena malamnya mau acara puncak..... Makan di Mang Engking. Jadi makan mie saja supaya tidak terlalu kenyang. Pas dapat dari Googling lagi (kalau ngga ada internet gua ngga makan kali yak :P) ada tempat yang namanya Mie Pasar Baru http://gudeg.net/news/2008/04/3591/Mie-Pasar-Baru-Mie-Favorit-Keluarga.html dan kebetulan buka karena waktu itu adalah hari kedua Lebaran, jadi setelah saya telepon dan yakin buka baru dikunjungi. Berbekal peta Jogja dan petunjuk dari Mbak yang jaga, saya berhasil sampai ke Mie Pasar Baru tanpa kekurangan suatu apapun. Waktu sampai ke pintu depan ... kesan pertama ... “agak mencemaskan” ... wah, kayanya kita salah pilih tempat makan nih. Kok tempatnya warna-warni kaya Es Teler 77 (gua ngga bilang kalau ke Es Teler 77 itu salah tempat lho). Maksudnya kok restorannya funky banget ...... bisa-bisa karena sangking konsentrasinya dia ngecat bangunannya (kaya Andi Bucheri... Bule Ngechet Sendiri) dia jadi ngga perhatikan soal makanannya. Dan lebih cemas lagi pas lihat di balik kasirnya ada tulisan ....... PRINGSEWU Group. Wakakakaka.... masa gua kemana-mana ketemu Pringsewu. Ini apa jodoh kali yak. Sayang saya datang sama mantan pacar dan 2 bos kecil. Kalau tidak mungkin saya coba-coba cari bosnya, siapa tahu anaknya kece dan naksir sama gua :P.

Tapi sekali lagi terbukti .....

“Don't Judge the book from its cover”

Mie Pasar Baru ini bukan jualan buku, tapi jualan bakmi, maksud saya adalah pakai kata pepatah (biar kaya keren gitu lohhhh ... adduhhh). Walaupun kita sudah setress, yah sudah terima saja deh, asal rasanya kaya Bakmi saja sudah harus bersyukur.

TETAPI

Pas Bakminya datang ...... ini yang surprising. Bakminya enak ...ASLI. enak Bukannya karena gua expect bakmi ngga enak dan datang bakmi biasa-biasa ajah lalu gua bilang enak. Tapi ini bener2 enak. Kalau mau bandingan kira-kira begini.

Bagi anda yang pernah makan bakmi Rainbow di Bandung (seberang Pak Chi Met) nah itu, bakminya mirip sekali dengan Bakmi Rainbow. Dalam kamus saya Bakmi yang enak itu adalah yang kecil, jadi makin kecil makin bagus. Bedanya dengan bakmi Rainbow adalah ayamnya (sama-sama ayam sih, bedanya satu ayam Jogja dan satunya ayam Bandung) jadi daging ayam Rainbow di parut sampai seperti serbuk gergaji dan berwarna putih. Sedangkan ayam di Mie Pasar Baru Jakarta (yang saya makan di Jogja ini) dagingnya utuh septong-sepotong tetapi bukan dipotong melainkan di uraikan menurut alur dagingnya dan hebatnya “TIDAK ADA KULITNYA”, jadi semuanya daging dan sejauh penyelidikan saya (tidak bareng Sherlock Holmes) saya tidak berhasil menemui daging ayam yang ada uratnya atau berwarna hitam sekalipun (mungkin ayamnya jarang olahraga jadi ngga banyak urat). Jadi happy sekali tuh makan ayam dan bakminya. Pointnya 85 dari 100 untuk Mie Pasar Baru ini. (ingat, dalam penilaian makanan ala Alfons yang bisa dapat point 100 hanya makanan yang enak dan ngga bayar alias Gratis ..ha..ha..ha.., jadi dapat 85 tuh sudah termasuk akan dikunjungi lagi next time saya ke Jogja). Lalu saya melirik pesanan bos kecil saya, namanya Mie Pelangi. Mienya ada tiga warna, pertama oranye yang dikatakan dibuat dari Wortel, yang kedua warnanya hijau dan menurut “pengakuan” penerima order itu dibuat dari Cai Sim dan satunya yah mie biasa yang warnanya kuning. Jadi kalau 3 mie itu dicampur warnanya jadi seru, warna warni dan bagusnya itu bukan pewarna tetapi warna dari sayur wortel dan cai sim.
Saya minta sedikit sama bos kecil mau cobain .....dia ngangguk (kelihatan dia makannya seru banget.... saya sampai ragu-ragu.... kok dia bener nih mau ngasih ... mimpi apa gua semalam ??) bener ajah, pas saya dekatin sumpit saya, belum neyntuh mienya.... tahu-tahu mangkoknya sudah bergeser. Walah, kok kegeser, saya dekatin lagi sumpitnya ... eh mangkoknya geser lagi menjauh dari saya. Wah.... ini sih ngga bener nih, ini adalah unsur kesengajaan. Masa gua musti kaya Kungfu Panda berebut Bakmi sama bos kecil. Tapi saya ngga kurang akal. Saya mendadak bilang...... lihat itu Giselle di depan (Giselle ini bukan Giselle Bundchen :P tapi Giselle teman sekolahnya yang badannya "agak" subur) pas si Bos sibuk cari-cari si Giselle (imajiner) saya langsung cepat-cepat sumpit mienya, gulung sedikit sumpitnya (biar dapat banyak) dan langsung tarik masuk mulut ..... hmmmm, yummy... enak banget mie pelangi itu ... sebenarnya yang bikin lebih enak mungkin karena usaha untuk dapatkan mie ini dengan perjuangan jadi rasanya lebih enak. Setelah itu saya baru bersiap-siap mempertahankan diri karena si empunya mie baru sadar kalau tadi dikibulin dan dia marah berusaha colok mata gua pakai sumpit .... gua langsung tangkis tapi kita berdua langsung terdiam karena emaknya langsung melotot (hampir keluar bola matanya)...... melototin kita berdua karena childish rebutin bakmi Pelangi. (memang yah ... masa anak kecil childish sih ... kalau gua childish kan ngga apa-apa karena masa kecil kurang bahagia :P).

Tapi ada satu catatan penting untuk Mie Pasar Baru – Jakarta (yang ada di Jogja) ini. Saya curiga selain hobi sulap, pemiliknya juga punya pabrik gula. Kenapa ? Soalnya semua minuman yang kami pesan .... MUANISSSSS buanget. Saya sampai ngga bisa minum Es Purti Salju, Juice Wortel dan Cempedak yang manisnya luar biasa .... wong kita-kita ini sudah manis, jadi ngga butuh terlalu banyak pemanis lagi, apa dikira kita-kita ini manisan Bogor kali yak. Jadi kalau makan disini saya akan ingat-ingat untuk minta the Es.... TAWAR (jangan lupa kata-Tawar karena kalau ngga yang keluar.... Es Teh Manis lagi).

Lalu ada ciri khasnya Pringsewu di pintu keluar Mie Pasar Baru – Jakarta (yang di Jogja). Ada reklame di atas pintu keluar yang bunyinya :

“Sudahkan anda pesan bungkus untuk keluarga di rumah ??”

Oh ya, ada satu tambahan bahwa Mie Pasar Baru -Jakarta (yang di Jogja) ini menurut stiker warna hijau segede-gede ban serep Truk yang di tempel di depan pintu. HALAL.

Ooops, satu lagi tambahan terakhir. (ini sudah jelas orang cerita ngga pakai struktur yak ...... masa satu lagi... terus-terusan...tapi ini beneran satu lagi yang terakhir banget).
Setelah makan dan kita ingin berkemas-kemas pulang. Tahu-tahu petugasnya nyamperin meja sebelah. Kirain mah mau minal aidin sama pengunjung ........ walaupun memang waktu terakhirnya dia bilang... maafin yah mass.... yang di ajak ngobrol dengan senyum kecut bilang.... yah...memang pas Lebaran jadi musti maaf-maafan. Ternyata dia ditegur karena dia mau merokok ... jadi diminta merokok di luar saja....plok...plok....plok.... satu lagi point untuk Pringsewu ... Mie Pasar Baru.

Bersambung part IV

PS : Gua berubah pikiran, jadi ini bukan yang terakhir, soalnya belum cerita mang Engking, Bale Bengong dan Cak Koting. Pandawa Water World, Suharti. Jadi itu nanti yang terakhir ajah. Sumpe deh...... nanti yang ke empat itu yang terakhir deh. Gua ngga panjang-panjangin. Jangan bosen yah.

No comments: