Thursday, October 2, 2008

Ibis, Mendut (Oww Maaaann) dan Borobudur (Yogyakarta part 2)

Kalau ke Jogja kamu cari apa sih ? Jawaban paling umum adalah lihat ....... istri, bukan Borobudur. Lha ... kok bisa, yah bisa dong, khusus untuk yang rumahnya di Jogja dan merantau ke Jakarta tiap kali dia pulang ke Jogja tentu dia cari istrinya. Masa istri orang lain. Tapi kalau orang Jakarta, carinya ... Dagadu ?... ha...ha..ha.. itu orang Jakarta yang masa remaja kurang bahagia. Jadi kalau orang Jakarta yang masa remajanya normal-normal saja mungkin akan cari Marlboro ...eh Malioboro, Borobudur, Prambanan. Karena saya ngakunya orang Jakarta yang "normal" maka saya menginap di Hotel Ibis, jadi sudah kedapatan yah Marlllioboronya dan sebelahnya mal Malioboro ... jadi sudah sebelah-sebelahan sama salah satu UGD (Unit Gawat Dagadu). Ibarat kata pepatah, sekali merengkuh dayung ... dua atau tiga pulau terlampaui (sebenarnya kalau dipikir2 ... siapa orang sekuat itu yang bisa sekali rengkuh dayung terus lampaui 2 - 3 pulau ... pulau Sepa atau Pulau Umang ajah butuh berpuluh2 kali kayuh buat lewatin "satu" pulau ajah .... apalagi mau lewatin pulau Jawa dan Sumatera dengan sekali merengkuh dayung .... wong naik pesawat ajah kuping sampai pengang yah .... ngga nyampe-nyampe .... meskipun sudah dengar Ipod ......ooops... nyelanya sudah cukup :P).


Layanan Ibis yang dapat jempol

Kalau tiap kali sama "dipalakin" saya langsung ingat airline AA (Air Asia), sebaliknya saya cukup salut dengan layanan Hotel Ibis. Mungkin hal ini biasa-biasa saja, tetapi bagi saya cukup berkesan. Bukan.... bukan dapat lugage gratis atau iklan Top One di dalam kamar mandi, tetapi layanan Breakfast yang cukup tanggap. Untuk hotel yang bintangnya cuma dua (jadi tidak keberatan bintangnya yah :)) dapat dikatakan semua hotel mengalami High Season pada saat libur Lebaran dan tidak dapat dihindari membludaknya penumpang (eh.. salah .... penghuni) sehingga pada saat yang sama semua tumplek blek dari jam 7.30 – 9.30 semuanya mau breakfast. Kelihatannya mereka sudah siap dengan memberikan tambahan meja dan kursi di depan restoran breakfast yang mengambil sebagian lobby. Tetapi ini bukan yang menjadi positif point, kalau cuma siap-siap tambah meja dan kursi mah karang taruna atau sekolah anak gua juga bisa. Tapi aliran makanannya yang luar biasa. Jadi setiap kali makanan habis, seperti pulsa isi ulang otomatis ..... LANGSUNG keluar refillnya dalam waktu kurang dari 10 menit. Saya sempat beberapa kali agak "kecut" .... WAKS ...... itu tante kok ngambil nasi gorengnya sampai 3 sendok besar .... bakalan habis nih sampai giliran gua. Mau negur ngga berani soalnya badan dia lebih gede ..... bisa-bisa nanti si Omnya datang ..... gua jadi hiasan nasi gorengnya :P. Tapi barusan saya tinggal untuk ambil bubur ... eh ... itu nasi goreng sudah penuh lagi. Bukan hanya nasi goreng, hampir semua makanan juga begitu, dari bubur, sayur, susu, orange juice (yang cepat banget kosong), roti sampai ke hal-hal kecil seperti krupuk (ada dua macam) yang meskipun mungkin kecil artinya bagi kebanyakan orang, tetapi bagi saya malah merupakan makanan favorit ....... semuanya tidak henti-hentinya mengalir ...... Yang lebih menyenangkan adalah hampir semua staffnya berusaha melayani dengan baik dan tidak ada yang kelihatan bete, cape atau stress. Intinya semua tahu itu high season dan harus melayani pelanggan dengan baik. Kalau AA yang kelola hotel ini ? Bisa-bisa mau breakfast masuk duluan gua musti bayar charge Rp. 30.000,- ... kalau mau cepat dapat tempat ... nye...nye...nye. Kalau soal rasa menurut saya cukup bisa diterima, standar hotel, meskipun tidak lebih mewah dari Nikko Bali tetapi tastenya masih lumayan dan dapat diterima mulut rese ini :).

Tetapi juga ada masalah yang memang cukup besar di Hotel Ibis ... dan memang ini masalah cukup besar di Maliorobo pada umumnya. Parkir mobilnya .... luar biasa padat dan susah. Mana posisi lobby sempit sehingga rata-rata mobil harus memutar seperti U turn dan maju mundur sampai beberapa kali (karena mentok) baru bisa keluar dari lobby (setelah mengantar tamu). Kalau mau parkir ada di basement tetapi daya tampungnya ... se encrit ... (masih lebih besar rumah Johan dibandingkan basement Ibis Malioboro ini ... habis ini pasti semua orang minta Johan bayarin makan2 soalnya rumahnya besar :P) tetapi hal ini juga berusaha diatasi oleh Ibis dengan meminta pemilik mobil meninggalkan kunci ke security "tanpa" meminta biaya apapun (sambil security / petugas parkir meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi)... kalau AA yang kelola parkir ini .... pasti gua sudah diminta Rp. 30.000,- untuk biaya titip kunci .. :P.

Fasilitas lain seperti kolam renang ada tetapi mini banget, jadi kalau 10 orang nyebur pada saat yang bersamaan ajah, sudah berasa kaya Sungai Gangga pas perayaan hari suci .... kaya cendol. Fitnessnya ada treadmill listrik (satu buah) dan sauna .... generally good considering ini hotel ngakunya bintang 2.

Borobudur dan Mendut ...... Oww Maaaann

Untuk menjaga muka bos saya yang masih kecil2, jadi kalau ditanya sama gurunya ke Jogja ngapain, masa dia jawab ke Dagadu atau ke Ibis ? Maka mau tidak mau saya harus bawa anak saya ke Borobudur. (sambil hitung-hitung melestarikan kepiting Kenari ... eh salah.... warisan bangsa). Kalau tidak nanti bisa-bisa bos saya di blacklist sama gurunya (kaya Bapaknya dulu :P). Jadilah kita putuskan untuk bawa anak2 ke Borobudur. Sebenarnya kalau bawa bule ke Borobudur itu kita diam ajah tuh mereka akan excited banget, karena (pada umumnya) bule sangat tertarik dengan sejarah. Tetapi anak gua kan bukan bule (kalau anak gua bule ... gua bisa ngamuk sama emaknya nanti ...... minta pertanggungjawaban ....... dapat dari mana kok bisa anak bule ......HAH).... jadi gua musti lakukan sesuatu supaya mereka berminat sama si Borobudur ini dan tidak melulu ngomongin Greatwall, Eiffel, Polar Bear, Spiderman dan Batman. Jadilah dari sehari sebelumnya saya sudah mengingat-ingat dan mengarang-ngarang cerita yang keren-keren tentang Borobudur dan Prambanan seperti Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Tapi yang berkesan sama bos-bos kecil saya malah .... Pa ... kok jahat banget sih mamanya (Roro Jonggrang) itu anaknya (Bandung Bondowoso) dipukul kepalanya sampai pitak ...... wah...sampai bete gua sudah cape2 cerita ada jin-jin bikin candi ribuan, yang diingat cuma pala pitak ......

Tapi karena menghargai (atau mungkin kasihan kali yak) sama Bapaknya yang sudah cerita sampai berbusa - busa yang dua bos kecil ini mau saja saya ajak ke Borobudur (sebanarnya kalau mau gampang saya bisa bilang di Borobudur ada Playstation 3 dan mereka bisa main sampai puass disana sambil makan pop corn dan Coca Cola free flow ..... DIJAMIN ..... mereka pasti akan langsung semangat ... tapi kayanya nanti pala gua deh yang jadi pitak .... di kemplang sama Roro Jonggrang ...eh salah ..... emaknya anak-anak ..... soalnya dia ngga bisa main Playstation :P).
Jadilah kita berangkat ke Borobudur, berbekal peta sebakul (beneran .... gua sampai beli 5 peta sangking takutnya nyasar .... 1 peta Gramedia, 2 peta kliner Jogja, 1 peta Jogja di Periplus dan satu peta kota-kota besar Indonesia Periplus) dan betenya, yang kepakai cuma satu peta Jogja-Periplus ... (namanya juga orang baru ... jadi salah dikit ngga apa-apa yah ... jangan sampai di charge Rp. 30.000,- yah .....). Tapi dari Malioboro ke Borobudur jalannya gampang banget, asalkan sudah dapat jalan menuju Magelang .... plang menuju Borobudur ada dimana-mana (maksudnya di tiap perempatan / pertigaan besar ...... kalau beneran dimana-mana mah... itu namanya iklan rokok , tower GSM atau pom bensin). Jadi kalau sampai nyasar, rasanya sih agak keterlaluan deh (gua malu ngga bakalan nulis review ini ..ha..ha..ha.. kaya masih ada urat malunya saja :P).

Di perjalanan menuju Borobudur, kita melewati Candi Mendut. Saya langsung pelan2 kasih tahu 2 bos kecil ... This is Mendut..... is it cool ??

Wow its bigger than our house papaaaa (cape ngga ... rumah gua di bandingin sama Candi Mendut).

Shall we take picture here ?

Yesss, I want to... I want to.

Tapi di veto sama mantan pacar dan saya setuju soalnya agak ogah berhenti di tengah perjalanan, nanti take picturenya pas pulang dari Borobudur saja ....... (ini adalah keputusan yang salah ... kenapa ? ... nanti lihat pas pulang deh... :)).

Terus dua begajul kecil langsung kompak paduan suara teriak..

Oww Maaaaaaannnn (kecewa).

Sampai di Borobudur saya langsung kasih lihat ....... this one is way....way...way bigger than Mendut. Lalu seperti guide dadakan saya bawa anak-anak memutari Borobudur hampir tiap tingkat sambil cerita bagaimana di tiap dinding candi dipahat dengan susah payah dan berisi cerita tentang bagaimana kehidupan jaman dulu. Seperti biasa, dua cecunguk kecil memberikan komentar.

Ooooh, jadi kalah pahat di batu susah yah ?

Memangnya pahatnya pakai apa ?

Kok tidak draw di kertas ajah papa ? Ngapain susah-susah sih ?

Malah yang berkesan bagi dua bandit kecil itu adalah ... papa.... itu kok patungnya head-nya banyak yang hilang ? Saya tentunya langsung sok tahu menceritakan bahwa sebagai barang peninggalan dulu tentunya memiliki nilai jual tinggi sehingga di incar oleh orang yang tidak bertanggungjawab untuk di ambil dan dijual. Lalu karena cerita saya itu, jadilah dua bos kecil jadinya menghitung kepala yang hilang di tiap lantai ........ bisa bayangin kan JS-er, muterin tiap tingkatan Candi Borobudur (kalau tidak salah 6 tingkat) dan hitungin berapa kepala yang hilang ...... jangan tanya saya berapa hasil hitungannya deh.... inget muterin Borobudur sambil hitung patung yang di copot kepalanya ajah masih bikin gemes (pengen nendang) sampai sekarang.

Tapi rupanya bukan saya saja yang cape (mantan pacar tidak ikut jalan2 memutari Borobudur dan menunggu di bawah ... dasar yah, mau enaknya ajah :P) rupanya dua bos kecil juga cape dan sepulangnya dari Borobudur, pas lewat Mendut lagi .......

Shall we take picture here ??

Jawabnya :

Owww Maaaaaaaaannn

Bersambung part III

PS : Part II bukan Mang Engking dan Pringsewu, soalnya ini yang duluan. Mohon maaf, kalau yang protes harap bayar Rp. 30.000,- dulu baru boleh protes.

No comments: