Tuesday, July 22, 2008

From Semarang with Lunpia (Caper Semarang Part II)

Dear JSer,

Mohon maaf kalau baru posting sekarang, padahal ke Semarangnya Maret 2008. Supaya JS-er tidak protes, mendingan pakai prinsip orang Jawa saja. Lebih baik posting daripada tidak posting :P. Atau lebih baik terlambat posting 4 bulan daripada terlambat posting 1 tahun (ha..ha..ha.. bentar lagi gua mau di kepret sama mods :P).

Setelah percobaan pertama ke Semarang yang GP (gagal potal), akhirnya kesampaian juga saya ke Semarang akhir Maret 2008. Namanya juga orang seminar di luar kota, yang nomor satu dilakukan harusnya mempersiapkan diri untuk kegiatan seminar tersebut. Tetapi dasar tukang makan, hal pertama yang saya lakukan adalah mengumpulkan daftar tempat makan. Jadi kalau orang=orang tanya mau apa ke Semarang ngakunya sih ngurus kerjaan ........ tapi pas di periksa tas saya (kalau ada yang berani GRRRR) isinya ada 6 lembar kertas cetakan printer yang berisi daftar rekomendasi tempat makan dan peta Semarang yang saya dapatkan dari beberapa blog tukang makan dan milis Jalansutra. Mulai dari Tahu Pong, Nasi Goreng Babat, Tengkleng Kambing, Lontong Pecel, Istana Wedhang sampai Kampung laut beserta semua rekomendasinya seperti alamatnya dimana, pesan makanan apa, siapa nama penjaganya yang kece (oops ngga selengkap ini deh ...... :P).

Hotel Quirin
Sekarang penginapannya. Kalau tidak salah dapat info dari mas GP dimana hotel yang direkomendasikan adalah hotel Quirin. Dari namanya saja sudah unik, kaya temannya Son Go Ku atau kuil tempat Chinmi latihan Kungfu ... oops, itu mah kuil Dairin (he..he..he... pokoknya maksa sama-sama buntutnya ...rin). Memang hotelnya sedang renovasi tetapi ada dua hal penting yang perlu menjadi plus point.
  1. (Ciek) : Saya sudah book hotel ini waktu awal Maret, tetapi karena bandara Semarang kemasukan sapi ...... eh salah, kemasukan air saya terpaksa membatalkan booking. Dan waktu saya jelaskan mereka bisa menerima dengan baik dan karena merasa hutang budi walaupun sudah mendapatkan bookingan di Horison, saya sempatkan hari pertama menginap di hotel ini.
  2. (Duo) Saya sampai hotel jam 8 pagi, dengan still yakin saya naik taksi ke hotel dan bilang ada bookingan. Sebenarnya niat aya hanya mau nitipkan koper saja. Eh ... Mbaknya langsung minta maaf .... Pak kamarnya cuma ada yang di lantai 2 ..... saya kebingungan .... Memangnya biasanya lantai berapa ? Oh.. ngga pak, maksud saya yang available sekarang hanya ada di lantai dua dan Bapak bisa masuk sekarang. Wow... what a service, saya tidak tahu apa hotel ada early checkin (kalau ada early checkin 24 jam dimuka boleh sering-sering deh ...ha..ha...ha..), tetapi yang jelas saya bisa masuk jam 8 pagi tanpa meminta terlebih dahulu. Another good point of Quirin.
  3. (Tigo) .... lha, janjinya kan cuman duo. Jadi kalau ini tigo jangan dibaca. Asli ngga ada apa-apa. :P.
Tapi kalau boleh jujur (om GP langsung melotot nih .... ini orang sudah dibantuin kasih tahu Hotel bagus sekarang mulai mau nyela). Hotel ini ibarat musuhnya Batman, Harvey Dent "Two Face ". Jadi ada dua kesan yang saya alami.

  1. (Ciek) Waktu sampai di halaman depan, lobby ... langsung senang dan terkagum ingat iklan AXE ...... Kesan pertama sangat Menggoda ...... woooow keren banget, minimalis dan semuanya baru. Gua pengen punya rumah seperti hotel ini !!
  2. (Duo) Tapi pas di antar masuk ke kamarnya ..... Ngga jadi deh :P. Depannya bagus dan lobbynya bagus, tetapi sayang kamarnya kurang bagus / belum direnovasi. Maksudnya kebanting sama depan / lobbynya. Moga-moga manajemen hotel Quirin juga member JS sehingga bisa renovasi kamar2nya jadi minimalis dan baru semua :) (kalau perlu kirimin saya voucher nginap satu malam ... jangan lupa kasih fasilitas early check-in 48 jam :P).
  3. (Tigo) Tapi basically kalau mau jadikan sebagai tempat numpang tidur saja sih hotel Quirin sudah lebih dari cukup. Kalau ajak mantan pacar saya ke sini .... weleh2... siap-siap ajah di cengin terus sama dia... kaya dulu waktu honeymoon gua bawa dia ke Kuta Beach Club (waktu itu kita tour satu bis sama Krisbiantoro dan keluarga ...... nah ini baru lama ... tahun 1999, jadi bersyukur kan kalau cuman telat 4 bulan ...hi...hi...hi), gua happy banget dan sering terkenang-kenang bertahun-tahun. Tapi dia diem ajah ..... BANDIT, ngga tahunya dia geli sama hotelnya karena kotor. Sampai hari ini, 9 tahun dia masih sering ngocehin saya, kalau ke Bali saat paling berkesan di mana ? Saya bilang KBC, dia bilang benar, soalnya dia ngga bisa tidur, takut di templokin cicak dan kecoa.
Makanan
  • Tahu pong Jl. Gajah Mada. Karena saya berbekal peta yang saya download dari website Indonesia-Tourism (akhirnya ada gunanya juga yah bikin website milyaran :P) jadi saya tahu bahwa Jl .Gajahmada itu dekat banget sama hotel Quirin. Sepelemparan batu bata, atau sepelemparan tisu (kalau lemparnya ke peta ....). Sewaktu makan disini, kesan pertama adalah ... lhooo aku dulu pernah kesini (beneran ..... ). Jadi tempat makannya ada di "sejenis" ruko pinggir jalan (pokoknya bangunan permanen ... jadi saya sebut ruko saja) tetapi tidak seluas ruko (ini gimana yah orang cerita kok plintat plintut begini). Yah sudah, cerita tahu pongnya saja dan jangan dengarkan cerita rukonya. Yang saya senangi adalah kalau kita mau makan disuruh langsung ke lantai 2 dan lantai 2 FULL AC dan ada tulisan DILARANG MEROKOK. Saya bilang FULL AC artinya banyak ACnya, tetapi saya ngga bilang kalau ACnya dinyalain yah. Selain FULL AC juga FULL BELL, dimana saya perhatikan ada pencetan bel (dua kalau tidak salah) dan kabelnya menjulur ke bawah. Asli saya langsung pengen pencet-pencet bel-bel itu ... teringat masa kecil :P. Waktu Mbaknya tanya pesan apa .... tentunya kita pesan Tahu Pong .. yang rasanya menurut saya di atas rata-rata, kalau bandingkan dengan Tahu Pong Hayam Wuruk (Jakarta) jauuh (maksudnya jaraknya jauh). Tapi menurut saya selama di Semarang ... rata-rata tahu pongnya sih sudah memenuhi syarat. Ibaratnya kalau gua di adu sama atlit renang di PON yang paling bego pun tidak akan menang (kecuali gua ajak main gaple, chancenya masih fifty-fifty). .. walah... ngelantur lagi, harusnya tetap konsisten cerita Tahu Pong yak. Setelah Mbaknya turun, saya asli langsung pencet2 belnya .... kok ngga ada reaksi, saya pindah meja... pencet2 lagi belnya berulang2 ... kebetulan Mbaknya naik... bawa minuman .... ooops, saya langsung pura2 ngga mencet sambil pura-pura lihat jendela .... moga-moga ngga ketahuan kalau gua yang mencet..ha..ha..ha... (padahal di lantai 2 cuman ada saya dan teman saya ... norak ngga ... kaya Sinchan asli) ... sambil turun Mbaknya bilang...... Mas... belnya ngga usah dipencet2 yah ... sudah rusak... ngga bunyi. Kalau ada perlu panggil saja ... Waks .... (tengsin dah gua). Yah sudah daripada makin ngelantur saya akhiri cerita Tahu Pong ini sampai disini saja.
  • Istana Wedhang, Jl. Pemuda, sebelah Hotel Novotel Semarang. Saya dibawa oleh teman (kalau dibayarin baru bilang teman :P) yang kerja di HP (Hewlett Packard... bukan Hasil Pencetan). Karena namanya Istana Wedhang..... saya langsung dengan pedenya pesan Wedhang Jahe ..... dan saya perhatikan pesanan yang lain-lain kok ngga ada yang samain saya ? Pada pesan Wedang Lengkeng. Setelah pesanan datang ... baru saya tahu kata pepatah ... Sesal Dahulu Pendapatan ... Sesal kemudian ... kepedesan. Weleh2... harusnya namanya Istana Lengkeng dong, jangan Istana Wedang (Jahe). Wedhang Jahe gua sih oke ajah... sedikit pedas... namanya juga Jahe, kalau Wedhang Jeruk yah asem. Tapi gua ngiri sih lihat yang lain2 makan Wedhang lengkeng dengan nikmatnya. Asem... pas lihat "manual" petunjuk makan... rupanya yang jadi favorit disini adalah Wedhang Lengkeng. Btw, Lontong Cap Go Meh nya juga recommended (bukan oleh Hwang Fei Hung).
  • Kampung Laut, kalau anda cari suasana, Kampung Laut dapat nilai 9. Jadi restorannya didirikan di atas air (ngga tahu itu air buatan atau bener air pinggir laut) kalau mau lihat gambarnya kira-kira seperti ini http://galihpermata.multiply.com/photos/album/23#11 (ini website orang lain dan bukan cem ceman saya, saya dapat gambarnya dari googling ..... tujuannya supaya Js-er bisa tahu ajah kenapa dapat nilai 9). Tetapi kalau ngomong soal makanannya ..... kalau ekspektasinya Pondok Laguna, Sari Kuring atau Ikan Bakar Cianjur ...... itu ibarat bandingin Harley Davidson sama oujiek ..... jauuuh (selain jaraknya jauh, rasanya juga jauh). Katakanlah dapat nilai 6 - 7 dari 9 untuk rasa makanannya.
  • Lunpia Gang Lombok, kalau ke Semarang tanpa makan lunpia Gang Lombok bisa-bisa mantan pacar gua malah curiga. Kamu ke Semarang apa ngga ? Jadi salah satu tempat wajib kunjung adalah lunpia Gang Lombok. Walaupun tempatnya agak jauh .... akhirnya kesampaian juga makan lunpia Gang Lombok. Ukuran lunpia Gang Lombok kira-kira lebih besar 25 % dari lunpia Bamboo. Karena bersebelahan dengan Mie Siangkie, saya juga pesan Mie Siangkie sekalian sama Lunpia. Lunpia Gg Lombok rasanya oke, apalagi ada saus seperti waktu prakarya di SMP dulu (kaya lem kanji gitu). Tetapi hati-hati, waktu pertama kali makan karena saya semangat 45 saya langsung hap setengah lunpia dengan sausnya. Akibatnya ..... BLUP...BLUP...BLUP.... kok rasanya panassss, pedassssss seperti kapal uap ..... pas saya periksa .... waks.... ada satu siung bawang putih yang ikut tergigit ..ha..ha..ha.. tapi ngga nyesel sih datang ke Gang Lombok ini. Saya sempat dibawa makan lunpia lain ..... di Semarang juga (wah yang ini lupa namanya ... tempatnya keren kaya tempat fastfood Mc Donald :) ... tetapi menurut saya pribadi saya masih lebih senang dengan lunpia Gang Lombok ini. Isinya lebih seru ... dan penyajiannya di piring besar dengan beberapa asesoris seperti knalpot, bemper, kaca spion ..... oops salah milis ... daun selada, sayuran (kalau ngga salah ingat) membuat lebih lengkap. Kalau JS-er ingin tahu apakah lunpia ini benar2 enak, sebagai informasi saya bela-belain kembali lagi ke Gang Lombok ini sebelum balik Jakarta ... demi... hanya untuk makan lunpia ini lagi dan pesan bungkus untuk makan di rumah (FYI saya paling anti kalau keluar kota di titipin oleh2 ..... soalnya ogah banget nungguin lugage... maunya cepat sampai dan bawa yang ada di tangan saja, kalau kepepet harus kasih ouleh2 ... saya tetap tidak beli oleh2 dan sampai di Jakarta baru cari ouleh2nya :P)
  • Mie Siangkie, nah... berdasarkan rekomendasi dari beberapa penggemar makan. Kalau makan Lunpia, jangan lupa makan mie Siangkie dan juga pesan es buahnya. Pertama kali saya makan rasanya lumayan, khususnya pangsit gorengnya yang sangat tipis kulitnya dan rasanya enak (dalam kamus saya ... pangsit yang paling enak adalah pangsit yang paling tipis ... seperti pangsit bakmi Tan, tetapi justru tantangannya adalah kalau tipis jadi gampang sobek, jadi bikinnya memang susah dan perlu adonan khusus .. he..he..he..). Tetapi ketika datang kedua kali sebelum pulang ke Jakarta dan pesan mie pangsit lagi, saya sedikit merasakan adanya air abu di dalam mienya dan mienya agak basah ... tetapi karena kurang perhatian ... saya makan juga ... akibatnya.... saya terpaksa mondar mandir ke ruang baca (aka toilet) karena sakit perut selama 3 hari :(. Tidak tahu apa yang menyebabkan tetapi feeling adalah karena mie siangkie ini (tetapi saya tanya teman yang juga ikut makan mie ini ... dia tidak mengalami hal yang sama ... jadi tidak berani menuduh, lagipula memang perut saya termasuk yang sensitif, kalau salah makan sedikit ... langsung harus di defrag). Es buahnya sendiri menurut saya biasa saja, beberapa potongan buah yang disajikan bersama es serut dengan sirup. Memang menjadi hiburan yang menyenangkan di siang yang panas :).
Selain itu, yang berkesan di Semarang adalah.... di Semarang masih ada Becak. ha..ha..ha.. saya tidak tinggalkan kesempatan untuk naik becak, keliling kota. Saya tanya Bapak penarik becak yang lagi ngelamun. Pak, kalau jalan-jalan berapa ? ... Si Bapak langsung berdiri... naik saja... naik saja.. sambil dorong saya ke bangkunya. Lha... kan belum tahu ongkosnya pak ?
Naik saja Den...
yah sudah... berhubung di panggil Den... gua naik ajah. Setelah keliling2 ... lalu aku tanya Bapaknya... Jadi saya harus bayar berapa nih pak ?
Akhirnya si Bapak jawab...
Sak Ikhlase aje....

Buset .... sak ikhlase aje ..... itu sih 500 perak :P (Yahudi Mode on) ... ha..ha..ha.. dasar si Bapak.
Habis ketemu gua pasti dia akan kapok kasih argo Sak Ikhlase :P.

salam,
Alfons

No comments: