Saturday, October 6, 2007

Makan Steak di Pabrik

Seperti biasa saat makan siang saya meluncur ke Taman Anggrek, rencananya sih mau makan di TA, mungkin di food court, Popeye atau apalah. Kalau ditanya mau makan apa …. Wah, pertanyaan itu sama sulitnya sama pertanyaan…. Telur sama ayam duluan mana ? Kalau sudah sampai di TA dan masuk… mungkin baru ketahuan mau makan dimana, itupun sebelum masuk, duduk dan pesan makanan masih bisa berubah …….. karena dasarnya saya suka plin plan. Pernah saya mau makan mie di depan Santa Maria, sudah cape-cape dari rumah bela-belain ikut ke sekolah pas sampai di depan tukang mienya…. Eh..rame, mikirin ngantri sudah langsung bete ….… langsung berubah pikiran (padahal perut sudah lapar beraT) …… gua ngga mau makan disini deh ….. mantan pacar sampai ngurut dada (bisa rata tuh dada keseringan diurut :P)…. Plin plannya bener2 parah (salah pilih dia :P).

Nah, ini persis terjadi, pas belok ke Tomang dan naik jembatan Tomang…… walahhh kok macet….. prosesor plin plan langsung bekerja… puter ajah di kolong jembatan Tomang, makan di Topaz ajah … ok…, hmmm tunggu dulu….. jangan2… nanti baliknya susah…. Makan di Muwardi ajah…. Lha itu bukannya lebih jauh….. Tapi mobil sudah diputar. Kalau begitu makan martabak Kubang ajah di Biak… kan dekat. Ok, palu sudah diketok oleh pak Hakim… makan di Martabak Kubang. Turun jembatan, belok kiri ke Biak…. Lhaaaa, mana Martabak Kubangnya ?? Belum buka apa ganti jadi bubur…. 24 jam ? Mana seru makan bubur siang2 … nanti gua dikira kakek2 ompong… makanya bubur. Pernah lihat iklannya ngga dirumah sakit, yang ucapin dokter (pas kita kena sakit) BUBURRR….. …. Makanan khusus untuk orang sakit tipes :P.

Akhirnya diteruskan saja, makan di Gajah Mada deh, wah telat nih nanti…… siap-siap alasan apa yah kalau ditanya. Ngeri juga soalnya sudah tiap kali makan gua selalu ngasih bonus 50 %, jadi 1.5 jam baru balik kantor :P.

Pas di depan sebelah kiri saya lihat ada Steak Factory …. Hmm, saya sebenarnya sudah sering sekali lewat Biak dan lihat plang itu. Tapi jujur ajah, lihat namanya ajah ……. Sudah ngga napsu. Makan steak kok di pabrik ? Paling itu daging dicincang, di kekep (diketekin) dan di semur, terus dikasih bumbu dan nasi …. Mana enak. Begitulah anggapan saya selama ini tiap kali lewat. Pilih nama yang kerenan dikit gitu lhooo, Hot Steak, Steak Rai, Steak RE (Resident Evil), Steak La Bamba, Steak “F” masih mending … eFF…..eFF.. (sambil mendesah2), Steak Coy, Steak Matta, Steak Ketahuan (bukan steak).

Ok, akhirnya diputuskan kembali oleh Hakim yang salah ketok palu tadi bahwa kita tidak boleh berprasangka buruk. Apalah arti sebuah nama (kata Shakespeare), jadi makan steak deh di pabrik.

Waktu masuk, suasananya cukup menyenangkan. Bangunannya sendiri adalah 1 ruko full ac dan pemanggang steaknya di depan ruko. Waktu saya masuk sudah ada 2 meja yang terisi ..hmm, lumayan deh kalau tertipu ngga sendirian dan tampang2 yang makan ngga lagi bete….. jadi kayanya sih amaaann. Desain dalamnya mirip dengan restoran fastfood dengan warna-warna ceria. Dindingnya di tiap meja disampingnya ditutupi dengan Seng yang di cat kuning muda ..… hmmm, biar kerasa di pabrik kali yak. Jadi makan steak di pabrik seng. Tinggal tambahin conveyer belt dan mesin pon … langsung jadi pabrik seng Jabesmen.

Mbak pelayannya cukup ramah dan terlihat sudah di train dengan baik (untung ngga pakai seragam buruh pabrik). Terbukti dari kesopanannya, mau makan apa pak ?? (emangnya kapan gua kawin sama ibu lu :P)

Kalau “New York Steak” itu seperti apa mbak ? (untungnya mbaknya ngga ngeyel….. kalau dia jawab kaya steak… gua langsung keluar makan tahu pong disebelah ajah)

Oh… itu steak dengan black pepper, pakai kentang goreng dan sayuran buncis, wortel, kacang polong….

TUINGG !! (radar gua langsung nyala)

Black Pepper……

Wow…. Black Pepper…. (my favourite)

Ada sausnya ngga ?

Ini tidak ada sausnya pak, tapi kalau bapak mau saus saya bisa berikan saus masrum (maksudnya jamur)…. Wow, sudah ramah, gua boleh minta saus lagi (urat maruk langsung bergerak :P).

Saya pesan New York Steak mbak….. jangan lupa sausnya yah.

Kirain mah langsung pergi, Mbaknya langsung tanya lagi (ini bukti di training karena dia lagi coba cross selling)…. Apa ngga pesan steak yang paling enak ??

Haaa… ada steak yang paling enak ?

Iyaa… namanya Wagyu Stea……

WAKS….

Itu mah steak sapi gila (kalau mau tahu kenapa disebut steak sapi gila lihat prcakapan imajiner dibawah)

Pertama-tama makan pasti bilang… uenaaakkk….uenaak… ngga pernah gua makan steak se enak ini….

Empuuk..empuuuk, apa nih namanya… Wagyu… oooo, steak Wagyuuuuu, lain kali pesan steak yang ini saja dehhhh…….

Pas datang billnya…… alamak….. gila… mahal banget…. Gila……gila…. Tekor deh gua….

Akhirnya saya teteup pesan New York Steak yang bandrolnya Rp. 51.000,- excl tax dan minum green sands.

Tidak lupa mbaknya tanya, mau mentah (kayanya ngga ditawarin deh … emangnya gua kucing makan daging mentah), ½ matang atau matang …. Medium well Mbak (hmm, kalau orang ngakunya jualan steak dan tidak nanyakan hal ini, harusnya jadi pertanyaan yah … dia jualan steak apa sop Konro..) jadi nilai plus untuk F Steak.

Btw, minuman kaleng di Factory Steak ini cukup menarik dan ada beberapa item yang saya jarang lihat. Jadi tidak SOP saja seperti FSC (Fanta, Sprite dan Cocacola) tapi di meja ada banyak botol dan kaleng2 yang saya jarang lihat seperti Pokka (ini bukan salah tulis… maksud gua POKKA…. Bukan Pokkari Sweet), San Miguel Light (botol kecil, Heineken botol kecil dan masih ada beberapa kaleng dan botol yang saya baru pertama kali lihat).

Waktu steaknya datang……. hmmmm

Black Peppernya dimana-mana …….dan di sebelahnya ada saus jamur (dipisahin di piring kecil … tapi ngga jauh-jauh) dan sayuran buncis, wortel dan kacang polong ditumis + French fries.

Untuk membuktikan mbaknya bener ordernya, saya langsung potong steaknya …… ok, sesuai dengan permintaan, medium well. Tidak merah (agak dadu) dan sekeliling irisan daging dadu itu dominan coklat muda, artinya matang. Dagingnya masih juicy dan tidak kering….. bravooo untuk mas yang panggang. Gua bakalan jadi langganan deh nanti bawa bos kecil gua yang maniak steak ke sini. Bumbunya ok dan pas, blackpeppernya sesuai namanya…. Rasanya kaya pepper :P pedass tapi khas black pepper…. . Dibandingkan dengan local steak G****Y yang ini sih oke buangeeett baik dari sisi harga dan rasa. Dagingnya daging utuh, dengan bandrol segitu sih really value for money. (asal lu jangan sampai pesan sapi temannya Wahyu, btw sebenarnya tidak terlalu mahal Wagyu steak, karena bandrolnya adalah Rp. 160.000,- ….. saya tidak pesan, tapi kalau dibandingkan dengan sapi Wagyu di hotel….. ini mah harganya 1/4nya J).

Kalau disuruh kasih nilai saya kasih nilai 8 untuk makanan, 9 untuk servisnya. 5 untuk namanya :P…… sudah deh, ganti namanya… “F” Steak…”eFFF”….”eFFF” ….”eeFFF”…. sambil mendesah-desah…

Salam,

Alfons

No comments: