Wednesday, July 4, 2007

Hala Madrid, Tombol Malu

http://alfonstan.blogspot.com/2007/07/hala-madrid-first-encounter-of-metro.html

Hala Madrid, Tombol Malu di Metro

Pertama kali sampai di Madrid, yang membuat terkesan adalah bandaranya, Barajas (baca.. Barahass ... memang orang Spanyol kurang kerjaan, ada huruf H, ngga dipakai, sekarang huruf J dibacanya H.... sampai nyembur2 tuh ludahnya tiap kali ngomong bandaranya. Beneran, gua ngobrol dengan nenek2 di pesawat sebelah gua, sudah dia ngga ngerti Inggris, gua ngga ngerti Spanyol .. yah itu, kata yang paling sering diucapin adalah BaraKHASS .... baraKHASS sampai tiap kali dia sebut tuh bandara gua nahan napas dan berdoa, tahan napas karena bau dan berdoa supaya waktu dia ngomong mulutnya ngga ngarah ke muka gua .... bisa bete gua, mana budget airline duduknya mepet2 lagi :(). Sebenarnya Barajas dibandingkan bandara lain di Eropa tidak luarbiasa. Dibandingkan dengan Schipol jelas kalah dari sisi tenantnya karena Schipol memiliki jumlah tenan jualan yang sangat banyak. Tetapi ada satu hal yang menarik dari Barajas, bandaranya simple saja, berbentuk kotak persegi panjang dengan belalai +/- 20 buah ... masing2 belalai pecah dua lagi .... jadi kalau jalan dari bandara ujung ke ujung lainnya .... itu judulnya sama dnegan kumon anak saya, 50 + 50 = cepe deeehhh........

Sebagai gambaran lain besarnya bandara ini, jarak terjauh ke pintu ke gate U adalah 25 menit jalan kaki. Yang menyenangkan dari bandara ini adalah desainnya yang keren, modern kontemporer (bener ngga yah istilah gua ........ gua bukan orang desain, nanti dimarahin kalau salah), pokoknya gua lihat desainnya modern, kontemporer soalnya ada desainnya yang gua ngga ngerti... jadi gua sebut kontemporer saja :P. Untuk lebih baiknya saya kasih link fotonya saja, karena gambar itu bisa melukiskan lebih dari 500 + 500 = 1.000 kata :P.

http://en.wikipedia.org/wiki/Madrid_Barajas_International_Airport

Hotel

Saya menginap di Holiday Inn Express (Madrid-Alcobendas), pesan dari internet dan dapat internet rate. Waktu memesan hotel, tetapi yang biayanya reasonable dan masih ada kamar kosong hanya disini dan rupanya hotel ini ada di utara Madrid dan ada di daerah Industri ... kaya Pulogadungnya Jakarta gitu, dengan kata lain....... kalau mau jalan kaki ke pusat kota, 20 + 80 = cepe deeehhh.

Jangankan saya, waktu sampai dibandara, saya langsung tunjukkan printout alamat hotel kepada petugas taksi. Sopir taksinya sudah tua dan rupanya dia tidak tahu kalau Holiday Inn itu ada banyak, gua ngga ngerti apa dia buta huruf apa ngga. Jadi saya dibawa ke Holiday Inn terdekat ....... setelah putar2 30 menit.... saya tetap seperti orang Indonesia asli, kalau orang sebagai turis berkunjung ke negeri seberang tentu akan radio nga..nga melihat pemandangan kota yang kita kunjungi. Tetapi saya tidak dapat melepaskan pandangan dari ARGO. Gimana ngga deg..deg..an, ratenya Euro 40 sampai di Holiday Inn dan ...... nyasar lagi .... jadi Holiday Inn nya dia bawa saya ke Holiday Inn Express (Madrid-Trescantos.... ngga ingat banget soalnya panik dan bete) sudah mahal, nyasar lagi. Terus dia pas sampai di depan hotel, dia ngga mau masuk ke hotelnya, jadi di pinggir jalan gua disuruh keluar ... enak ajah... koper gua berat, jelas gua ngga mau keluar, dia ngoceh Spanyol bilang sudah sampai, gua ngoceh Inggris bilang bahwa ini bukan hotelnya, hebat kan, kaya pembangunan menara Babel gitu, ngomongnya dua duanya Joko Sembung Bawa Golok. Dia bilang ini Holiday Inn (kira2 gitu kali soalnya gua ngga ngerti kata2 yang lainnya), gua bales lagi.... no, ...Alcobendas.... Alcobendas...... akhirnya gua paksa dia untuk masuk ke depan hotel yang salah dan gua turun, soalnya berabe, kalau tambah lama... bisa2 semua uang jajan gua habis buat bayar taksi nyasar..... selain itu gua juga takut dijahatin... walaupun kakek2 kalau temannya preman (TTMan = Teman Tapi Preman)...... dan ini dikota orang lain dan pertama kali gua disini. Mendingan gua turun ajah, tapi gua ngga mau tutup pintu mobilnya dan bayar 40 Euro dgn cemberut. Si kakek lupa pintunya ngga ditutup, dia juga bete kali gua marahin, dia kebut taksinya... pintunya kebentur tempat sampah... baret2.... sukurin, biar balik modal gua :(. Sebel banget. Lalu saya lalu minta tolong petugas Holiday Inn untuk carikan Taksi yang tahu Alcobendas dan minta dia yang jelasin ..... gua selamat sampai di hotel, dan kasihannya sopir taksi yang anterin gua ke Alcobendas gua cemberutin .... mungkin karena gua anggap sama2 sopir taksi (saudaraan sama yang tadi, kan sama2 orang Spanyol, sama2 tinggal di Madrid) kali yah .... yang ada mah dia bingung.... ini orang habis mens kali yak... mukanya bete. Grrrr...... rasanya gua mau makan malam gigit supir taksi ajah.

Tapi setelah check in dan masuk kamar hotel, semua bete hilang ...... karena kamar hotelnya baru dan desainnya momi modern minimalis, gua jatuh cinta sama kamar hotelnya. Mana kerannya Grohe semua, termasuk showernya (kampungan yah.. :P), kayanya Grohe disana kaya Toto disini deh.

Btw, dulu gua pernah punya teman namanya Toto Sunarto, waktu di toilet pipis bareng sebelah temennya .... lagi asyik2 konsentrasi tahu-tahu temannya bilang gini... To.... To... gua musti minta maap sama lu ?? Si Toto bingung, kenapa ?? Lu apain tuh bini gua ?? .... Bukan gitu To, gua minta maaf karena hampir tiap hari gua pipisin elu .....

Jadi penilaian untuk Holiday Inn Alcobendas bagus untuk kamarnya, lokasinya yah .. itu 50 + 50 ..ha..ha... (jangan marah yah). Terus sangking mau berhemat, gua mau minum tap water, karena air minum ajah 4 Euro ..... es batu gratis, tapi gua pikir2 kalau gua sampai sakit perut disono..... bisa2 gua pindah hotel ... ke rumah sakit, akhirnya gua relain deh beli air minum 4 Euro... 200 CC (beda dikit ukurannya sama 5 tomato sauce). Sempat kepikir sih untuk ambil es batu dan tungguin cair atau rendem gelas isi es batunya di air panas bath tub (Fisika gua jago yah, sampai kepikir cara India gitu :P) ha..ha... kalau yang punya hotel tahu... bisa2 dia matiin tuh air panas di kamar gua.

Metro yang tidak mini

Kalau pergi ke satu kota yang tidak pernah saya singgahi, dan saya hanya punya 2 hari saya dengan gagah berani bisa bilang ....... gua ngga bakalan nyasar dan bisa jalan2 kemanapun gua mau. Beneran nih, ngga ada trik seperti ikut teman atau saudara, atau pakai taksi (gua sudah blacklist tuh :P). Kalau naik bus umum, wuihh bisa pusing gua bawa2 peta ngapalin rute ..... memangnya gua kurang kerjaan, mau rileks kok musti jadi analis jalanan ...... mana gua berbakat Ryoga (nyasar dan ngotot ngga mau tanya orang .... gua cenderung untuk terusin ajah sampai bener2 total nyasar) jadi ngga mungkin. Jadi rahasianya dimana ? he..he..he.. jawabanya adalah Metro, kalau di Singapura namanya MRT, Mass Rapid Transit. Tetapi memang SOP pertama kali musti naik taksi ke hotel dulu soalnya ngga lucu (buat gua) kalau gua tenteng2 koper gede 2 biji dan keluar masuk Metro, selain itu gua juga belum tahu pasti keamanan Metro jadi mendingan pertama kali tetap pakai taksi dulu. Setelah semua bawaan tinggal di hotel dan gua tinggal bawa badan, baru gua cari Metro :). Tanya ke resepsionis hotelnya, Where is the closest Metro station, dijawab ..... Electronica Road, in front of Carrefour.... where is Carrefour .... dia langsung tahu.... katro nih. Masih bagus gua ngga nanya... Where is “In Front” .... bisa pingsan kali dia yak. Langsung dia ambil kertas dan gambar, this is Carrefour ... this is Hotel (Ooooooooo... hotelnya rupanya ada di seberang Carrefour, bukan salah gua.... gua datang malam2 dan ngga bawa istri, jadi ngga cari2 Carrefour).

Berbekal peta si resepsionis, saya jalan ke Electronica Road dan memang tempat gua tuh asli di bagian utara Madrid..... jadi bener2 jauh dari SOL (Sol kira-kira kaya Bundaran HI, artinya Nol... titik nol dimana semua ukuran jarak di kota Madrid dimulai dari Sol). Jalan kira2 200 meter, akhirnya gua ketemu tuh Metro Station ... holaaaaa Madrid, gua udah ketemu kaki gua sekarang. Lu mau ke Sol sepatu kek, mau Sol-asido kek, gua sudah pasti sampai :P. Saya langsung turun ke stasiun dan minta rute Metro ke petugas jaga ... caranya gampang... ngomong saja... Map...Map... soalnya kalau ngomong Inggris mah di gratisin disini. Saya putuskan beli tiket terusan (ngga tahu istilahnya apa, pokoknya bisa naik Metro 10 kali) dan setelah dapat tiket dari mesin langsung masuk ke stasiun tungguin Metro datang. Stasiunnya masih baru (baru dibuka) jadi masih serba baru dan ada dibawah tanah, turun 2 kali tangga berjalan yang tinggi2 (kaya tangga berjalan Sensi yang hak sepatu itu lho), jadi harusnya dalam turunnya. Kalau di Jakarta sih siap-siap ajah, tiap Februari Metronya ganti warna jadi warna kuning ... Yellow Sub Marine, jurusan Palembang ... pempek kapal selam ... soalnya banjirrrrr. Bisa-bisa Andi bawa peralatan selam untuk nyilem di stasium Metro.... siapa tahu dapat ikan duyung ...... ikan duyung naik Kijang :P.

Tombol Malu

Sambil nunggu, gua siap-siap gaya kaya pengalaman naik Metro gitu. Biar ngga terlalu ndeso, kan sudah keren pakai kacamata hitam :P, bawa2 Ipod. Lha... kan gua sering naik MRT, mana mungkin ada bedanya ... gitu lho :P. Setelah ditunggu 5 menit... Metronya sampai juga, persis seperti MRT Singapur dan bersih. Gua langsung pasang posisi di depan pintu Metro ....... gua pilih gerbong terakhir.... Chuuusssss... pintu2nya kebuka dan ada orang yang keluar... seperti Metro biasa kan, ada yang keluar masuk. Tapi lho....lho....lho... kok yang kebuka pintu gerbong yang lain, kok pintu di gerbong yang gua tungguin ngga buka2.... mungkin perlu tunggu kali, sabaaarrr ... tunggu-tunggu..... 3 detik... ngga buka, gua toleh2... kok yang buka pintu gerbong yang lain ?? Sementara dari dalam gerbong Metro ada ibu-ibu dan anaknya melihat gua tungguin pintu Metro dengan pandangan .... tegang... apa kasihan kali yak.

Tidak semua pintu Metro membuka ..... ada yang buka dan ada yang ngga buka ... kaya undian ajah. Dan yang buka itu pasti ada orang yang keluar. 5 detik... walah, kalau ngga cepat nih Metro Pasti Berlalu nih, gua jangan sampai ngga dapat Metro ini. Kira2 10 detik lagi pasti pintu di gerbong sebelah tutup, sementara pintu gerbong yang gua tongkrongin ngga buka2 ... asem ..... ini bukan saatnya Axe nih (Setia Setiap Saat) memang kalau undian gua kurang beruntung (kecuali SMS undian palsu :P) akhirnya gua putuskan untuk lari cepat nguber pintu gerbong sebelah, sebenernya tengsin juga, sudah keren2 kaya Terminator gitu tapi tungguin pintu ngga buka-buka (kalau bawa Shotgun gua tembak ajah nih pintu brengsek).... bodo deh, mendingan gua ngga gaya daripada ketinggalan Metro, malunya itu lho, dilihatin sama Cleaning Service. Baru gua lari tiga langkah menuju pintu Metro gerbong sebelah, eh..eh... orang2 yang pada keluar dari Metro pada nunjuk ke gua ... Grrrr, orang lagi susah malah diledekin. Setelah gua teliti rupanya mereka nunjuk ke belakang gua ... Pintu Metro. Gua berhenti dan lihat pintunya .... ada tombol Hijau segede-gede Bagong (atau biru ... gua lupa soalnya tengsin) dan ada tulisan guede PRESS HERE ....... hgnk.... gua sekarang tahu kalau Ibu-ibu dan anak kecil di dalam gerbong itu tegang atau kasihan soalnya mungkin mereka kirain gua buta kali yee... tombol segede-gede gitu ngga kelihatan... 3 detik lagi pintu nutup, hayooo berani malu ngga ?? Kalau berani malu pencet tuh tombol malu .... akhirnya gua pencet tombol malu itu... CHUUUUUSSS pintu Metro akhirnya berhasil gua buka dan gua masuk.

Gua langsung duduk dan pura2 dengerin Ipod, lagunya ngga ada soalnya baterenya habis ... tapi daripada malu mendingan gua pura2 denger Ipod ajah. Tapi sepanjang jalan kenangan sampai anak itu turun (mana rute gua jauh) itu anak kecil ngga berenti lihat gua ..... gua mau selepet ajah tuh rasanya kalau ngga ada mamanya.

salam,
Alfons

No comments: