Tuesday, May 1, 2007

Durian Kan Yao di Indonesia

RE: [Jalansutra] Durian Kan Yao di Indonesia

Dear JS-er,

Saya juga ikut2an cari durian Kan Yao gara-gara posting Kepala Suku :-). Minggu lalu saya lihat iklan di Kompas All Fresh jual durian Kan Yao, jadi ingat2 memprogram diri supaya ingat beli durian. Akhirnya, kesampaian juga beli durian Kan Yao di All Fresh Ambassador. Meskipun dengan perjuangan panjang karena parkiran Ambassador di hari Minggu itu kaya pasar malam, tapi ngga mau rugi, sudah sampai di Ambassador sekalian jalan2 lihat tas di Bag City... Btw, lagi sale tuh, Benetton diskon 60 % :-).

Sebenarnya menurut pengalaman saya selama ini All Fresh itu cuman namanya saja All Fresh, ibarat cewe namanya Indah, atau Cowo namanya Jaka. Tetapi dalam kenyataannya belum tentu indah dan si cowo belum tentu perjaka :P. Karena beberapa kali beli buah disana kayanya "not" All Fresh. Tetapi pengalaman kemarin beli durian di All Fresh cukup menyenangkan, duriannya ada dua jenis, monthong dan Kan Yao cukup segar. Kalau Monthong ... remind me of montok (ngga tahu kenapa ... namanya juga otak kadang2 korslet :P) saya tidak suka dan prefer durian lokal EG durian Medan (atau setidaknya penjualnya ngakunya itu durian Medan ... gua mana tahu kalau durian itu dari Hongkong dibilang durian Medan) soalnya rasanya rugi, sudah makan dengan resiko tinggi (saya ada turunan kencing manis :-(), musti bayar ... ngga enak lagi ..... yang ada begah doang.

Nah, di All Fresh ini saya menerapkan ilmu ginkang pedurenan yang baru saya pelajari dari suhu-suhu duren JS, salah satunya adalah kalau mau milih duren coba ujung duri-durinya yang bersebelahan di tekan dengan tangan, kalau bisa ketemu dua duri (mendekat) artinya kamu kuat ..eh salah.. artinya durennya enak / mateng (kira-kira gitu lah). Lalu ada ilmu level dua, gigit tangkainya kalau mau ngerasain durennya manis apa ngga ..... buset dah, kalau yang level dua ini mendingan gua postpone saja, kalau perlu nyogok supaya lulus level dua. Karena kalau saya gigit tangkai durennya ... ada beberapa kemungkinan (dan rata-rata resiko tinggi) :
  1. Gua jadi tontonan, karena gigit tangkai duren ...... karena menurutpengamatan gua selama ini di toko2 yang jualan duren, belum pernah dalamsejarah gua lihat orang gigit tangkai duren (kalau gigit kuping sih itu diring tinju :P). Kalau lagi gigit.. durennya gelinding.. hayoo coba, inikerjaan resiko tinggi kaya kerja di pengeboran minyak. Pipi gua bisa kayamacan tutul.
  2. Gua ngga tahu apakah ada JS-er yang pernah datang sebelumnya dan menjalankan teknik level 2 ini. Kalau ada yang menjalankan teknik ini (durennya di gigit tangkainya) dan gua gigit lagi di duren yang sama?......walah..... bisa nightmare on the durian street. Lebih walah lagi kalautangkai duren yang gua gigit itu pernah digigit oleh beberapa JS-er.....kayanya rasa dan bau tangkainya sudah ngga original lagi deh....
Lalu level tiga .. ini yang paling saya percaya (namanya juga level tiga ...super sanya). Suruh buka durennya dan cobain ..ha..ha...ha... memang levelmakin tinggi makin jago (nenek2 juga tahu, kalau mau tahu duren enak bukaaja :P). Saya minta Masnya buka dan saya cobain, kalau benar manis saya beli. Di All Fresh Ambas rupanya ada bagian khusus dimana Masnya sudah terlatih membuka duren dan was...wusss...wass...wusss, langsung diapackaging ke styrofoam dan dibungkus dengan clingwrap. Memang bener, rasanyakaya duren biasa (ngga kaya Monthong yg umumnya hambar).
Saya sempat muji2 masnya ... wah mas... jago yaaaah, bisa buka duren dan taruh di styrofoam tanpa menyentuh durennya. Masnya dipuji langsung bangga (ngga tahu deh pipinya merah apa ngga... soalnya rada item sih, jadi ngga kelihatan... lagipula gua kan bukan special pengamat pipi merah)... eeeh, gara-gara gua puji... dia senyum2 dan kerjanya lebih cepat... duren gua yang baru dibuka dia jatohin...ini duren Kan Yao pertama dalam hidup gua ..... dipilih menggunakan ilmu tetua JS, belum dimakan dijatuhin :-(..... lain kali gua ngga mau muji deh... jadi besar kepala tuh masnya. Orang mah dipuji... ngasih bonus duren gitu, ini malah dijatuhin.

Harganya

Nah, kalau soal yang ini gua sensitif :P. Sesampai di tempat duren, gua langsung pasang mata lebar2, lihat semua duren2 yg sudah dibuka (dalam Styrofoam) dan hapalin harga2nya..ha...ha...ha.. (kalau lagi maniak, gua bisa masukin tuh harga-harga duren per kilo di PDA gua dan databasenya gua simpan) terus lihat lagi duren Kan Yao yang masih belum dibuka... timbang2 pakai tangan (menghindari pegang tangkainya karena takut pernah dicobain
JS-er). Akhirnya saya putuskan pilih duren yang belum dibuka. Dan setelah dilihat hasil akhirnya ... memang keputusan nya tepat... gua dapat duren 4 baris. Harganya 49.000,-. Sedangkan Kan Yao yang di Styrofoam.. ada yang satu baris harganya sudah Rp. 30 - 40 ribu.

Rasanya

Waktu si Mas colek duren pilihan gua dan taruh di tangan dan gua cobain ...... memang rasanya kaya bukan duren Mothong... begini, saya bukan mau ngelawak. Maksud saya rasanya memang beda sama Monthong (saya makan duren Monthong 3 tahun lalu dan ngga doyan ... moga2 rasanya hari ini masih sama jadi kesimpulan ini valid). Tapi ini kan cuman sedikit (secuil) dan ngga bisa ambil sebiji jadi yah... kira-kira kaya Axe, kesan pertama kaya duren... selanjutnya... cobain dong sebiji dirumah.

Sampai dirumah.... langsung durennya ditaruh di meja tamu dan saya narik mami dan mantan pacar.... hayoo makan duren, ini dibilang enak lho sama JS-er (he..he..he..) padahal takut kolesterol dan terlalu manis, jadi kalau bikin dosa bagi2. Dari awalnya malu2... dan mau sisain 1 baris untuk anak2 besok pagi... sambil makan... kita ngobrol sambil nonton Heroes ......eh tinggal 1 baris. Anak2 kira2 suka duren ngga yah ? Wah ngga tahu.... kalau ngga suka kan sayang yah kalau di sisain... yah sudah, sisain 2 biji ajah, jangan 1 baris.... akhirnya memang disisain 2 biji... tapi bijinya ajah.
Isinya sudah dititipin di perut .... he..he....he... untung anak gua belum ada yang jadi member JS, jadi ngga tahu kalau durennya sudah gua sikat. Paling2 kalau 15 tahun lagi dia baca archive JS dia baru tahu ... moga-moga archivenya hilang deh... kalau ngga nanti gua dibalas dikasih biji duren :P.

Salam,
Alfons

No comments: