Sunday, September 3, 2006

Baso Akiaw - Mangga Besar, Recommended

Sebenarnya saya sudah dengar Baso Akiaw dari bekas pacar dua minggu lalu dan kami sudah niatan ... batalin pantangan (tidak makan malam). Selama ini kami menghindari makan malam (selain hindari preman) karena takut ukuran celana naik (soalnya habis dari Bandung kerjanya makan terus selama 5 malam ...... rasanya berdosa terus setiap makan malam ... ... tapi cuek saja deh ... nikmat membawa ukuran celana naik :P)

Ceritanya begini, karena namanya ibu-ibu ngerumpi ... kalau umumnya sombongin anaknya pintar (baik anak sendiri maupun anak tetangga) kalau ex pacar saya sombongin dia tahu tempat makan yang seru :P. Kalau sedang lupa diet kita kerjanya keluyuran makan kwe tiaw Warung Tinggi, P. Jayakarta, Pecenongan, GLodok, Menteng etc. Nah ada temannya yang bilang begini :

"Setiap kali gua keluar makan malam (dugem sama ex pacar .... / suami) gua makan di Baso Akiaw"

Wah, ex pacar saya langsung mengingat-ingat rahasia ini dan bocorin sama saya :). Tentunya kita tidak langsung percaya, maklum ... dulu pernah ada temannya di C*t*b*nk bilang ada Bakmi enak "banget" di dekat toko buku Damai (Glodok) ... kita bela-belain makan di sana... tetapi jatuh2nya malah ngata-ngatain temannya ... "mama kamu pasti ngga bisa masak ......... segitu kok dibilang enak"... :P jahat sekali yah... sudah dikasih tahu bukannya terimakasih..... malah nyela.... ha..ha....ha..

Karena itu, kita berdua sepakat untuk mencari tahu, apakah (teman ngerumpi istri) namanya si L*l* ini mamanya bisa masak apa ngga ?... :P...

When, Where
Akhirnya kesampaian kemarin (jumat malam) kami pergi ke Baso Akiaw. Karena sudah mengincar lokasinya beberapa hari (layaknya intel polisi mau menggerebek bandar judi :P), ex pacar sudah tahu kalau lokasinya di seberang Unibank karena pernah lewat beberapa kali ...... anehnya jalan agak macet (padahal pukul 21.00 dan tidak ada si Komo lewat). Tapi karena sudah di niatkan ... akhirnya kita sampai juga di Baso Akiaw. Lokasinya di Jl. Mangga Besar Raya seberangan dgn Unibank dan Bakmi Tiong Sim (Btw, gua cobain Bakmi Tiong Sim di Mangga Besar dua kali ... GATOT... really not recommended). Kalau dari Mangga Besar Raya menuju Hayam Wuruk ada di kompleks ruko2 terakhir di hoek.
Bersebelahan dengan Kwe Tiauw Akang (Mangga Besar) dan di sini banyak sekali ngumpul makanan / jajanan malam, kebanyakan sih khas Medan. Terus, untuk meyakinkan bahwa baso ini enak atau tidak (dari kesan / pandangan pertama) saya lihat2 apakah ramai atau tidak ... ternyata dari seluruh tukang jualan di kompleks ruko itu ... Baso Akiaw ini paling ramai (untuk
tidak mengatakan dia sebagai magnet penarik pengunjung ke sini) ... maka kita berani masuk dan mencoba, duduk di sebelah meja encik2 yang kalau lagi berdiri langsing... tapi sewaktu duduk dan makan baso... samcannya kelihatan seperti perutnya pakai ban dalam.... mana nekad lagi... pakai kausnya pas badan (wah... sudah mulai nekad... reviewnya main fisik :P).

What
Tentunya kalau dikasih tahu makan Baso .... imajinasi kita tentunya dapat Baso dong...... kalau imajinasinya dapat onde-onde, bala-bala, pizza atau donat ...... kayanya agak ngga beres nih otak. Makanya saya pikir... kalau ngga seperti Baso Botak / Mahkota .... yah seperti Baso Afung. Paling maksimal pakemnya Baso menyimpang seperti Baso Afung yang dikasih babat, kwe tiauw di cemplungin ke kuah baso (gepeng).... btw, kemarin makan Baso Afung di food court Ambassador... bleh... kwe tiauwnya kelembekan, kuah basonya ngga enak ...... mendingan makan langsung di P. Jayakarta saja.
Ngga tahunya (bukan pakai tahu) si Akiaw ini jualan Basonya alirannya baso "sesat". Kalau mau dibilang Baso ...... kayanya ngga deh, wong sajian utamanya tuh Mie, kwe Tiaw dan bihun di yam satu mangkok (sama bawang merah irisan goreng satu sendok), lalu datang kuahnya di mangkok lain lagi ... pisah (ngga jauh-jauh) Baso biasa ..... pakai baso se encrit (cuma tiga biji
sebesar baso abang2 konvensional), lalu sisanya yah pilihan kita, ada daging sapi irisan, babat, urat and the gang .... lebih tepatnya sop kwe tiau pakai baso ... tapi minus tauge. (Tambahan "posting Mei 2007" : rupanya kalau mau toge bisa minta dan sekarang yang jadi favorit saya adalah Baso, daging dan hati :)).

Rasanya
Terlepas dari komentarnya, atau penampilan fisiknya. Layaknya beli properti, apapun propertinya, hanya mengikuti 5 petunjuk ampuh anda tidak akan salah dalam mengambil keputusan beli properti... yaitu location, location, location, location dan location. Maka yang penting bagaimana rasanya si Baso Akiaw ini.

Kalau saya di kasih tahu .... baso ini rasanya seperti sop kuah sapi orang jualan kwe tiaw... tanpa makan pun saya sudah tahu rasanya akan diatas rata-rata, karena sop kwe tiaw sapi itu rata-rata mantap dan agak sulit bagi tukang jualan kwe tiaw untuk masak sop sapi tauge yang tidak enak .... kecuali Kagome (lihat komik Ranma kalau mau tahu). Jadi nilai Baso Akiaw ini
9 out of 10 (dengan catatan 10 itu kalau gratis... :P). Kwe Tiaw yam nya mantap banget, bakminya itu mirip seperti bakminya lomie (bulat diameter 2 mm). Bihunnya juga oke. Kuah Basonya karena pakai kaldu sapi dan daging sapi (saya tidak minta babat atau jeroan) rasanya yah... enak... seenak sop sapi minus tauge.

Detail :
Saya sempat catat informasi detail Baso A Kiaw, ini copy and paste dari spanduknya :

Rumah Makan 99 / Baso A Kiaw
Pusat : Jl. Lebong No. 20, Medan (kaya Bank Kesawan ajah... kantor pusatnya di Jl. Kesawan - Medan) Kwe Tiau kuah khas daging sapi, urat, sapi, ikan. Daging, babat, urat, sengkel (apa tuh yah sengkel ..... mengingatkan pada engsel ... mana enak makan engsel sama baso), hati.

Buka 15:00-24:00
Minggu / hari libur 14:00-22:00
Minuman Kiatna, markisa (saya pesan ini... enak... bukan calon Gubernur lho), jeruk peras (yang bikin mantan preman... suka meras).

Kesimpulan (Executive Summary) :
Kalau kamu cari makanan malam2 yang kuah2 dan bukan goreng2. Baso A Kiaw merupakan pilihan yang baik dan rasanya diatas rata-rata.

salam,
Alfons

No comments: