Wednesday, April 11, 2007

Bakso n ceker Patal Senayan

RE: [Jalansutra] Re: Bakso Bakar n Ceker Patal Senayan

Dear JS-er,

Hari Sabtu kemarin saya dan mantan pacar mencoba Baso Ceker di Patal Senayan (depan Bakmie Japos) ... reklamenya sih oke, kalau biasanya warung jualan pakai kain di sablon secukupnya ... paling satu warna .. dengan tulisan..misalnya "Soto Bang TATA"... kalau reklamenya Baso Ceker ini Full Color dan bahannya bukan kain (Gambarnya kalau tidak salah ayam ... kenapa tidak pakai logo ceker yah ??) ..... jadi kalau dari teknologi televisi... sudah tahun 80-an (kalau 70-an TV masih black and white :P). Tempatnya sederhana dan ada panggangannya... sesuai cerita tentunya untuk Baso Bakar.

Waktu pesan, ada dua pilihan ... Baso Bakar + Ceker atau Baso Bakar + Baso. Mantan pacar saya sudah diam terus.. pertanda buruk (ibarat tokek kalau sudah menggigit dia akan diam...... tidak akan lepas sebelum geledek menyambar)... saya tanya, mau makan ceker berapa ? Dia diam saja, sesuai kata Gus Dur... diam artinya setuju .... akhirnya saya pesan Baso Bakar + Ceker 1 mangkok untuk berdua. Setelah datang... baso bakarnya enak dan Cekernya datang dalam kuah... mirip2 kuah Baso Loncat... kuahnya enak dan "variasinya" enak (tahu, sayur etc). Tetapi pas mau makan cekernya ..... saya langsung set tress ... wualah... rupanya ini toh "penampakan" cekernya ..... ada 4 buah ceker...... tahu-tahu saya langsung membayangkan ...... kira-kira apa saja yang pernah dilakukan pemilik ceker (yang apes) ini, maksudnya dia pernah jalan-jalan kemana saja .. ke Plasa Senayan ?? ke selokan ? ... cari cacing ?..... garuk-garuk tanah ? garuk-garuk sampah ?
Saya rayu mantan pacar... hayo kamu makan ini rekomendasi teman-teman JS lhooooo ... mantan pacar yang tadinya diam mendadak melotot ..... wualah, berabe nih... rupanya doi juga ngga mau .... ngga tahu apa yang ada di pikirannya tapi saya ngga berani cari gara-gara ... bisa berabe.
Kalau yang di dimsum, ceker ayam sih saya masih bisa makan karena sudah tidak terlalu berbayang cekernya pernah ngapain ajah (karena sudah dikecapin dan warnanya coklat dan sudah agak mengelupas kulitnya)...... tapi yang ini, kulit cekernya masih sterep (sekel) nempel di tulang dan masih original (bukan PI = Parallel Impor) ada dua yang putih bersih...mulus, ada satu yang kulitnya totol2 (kayanya pemilik ceker ini waktu hidupnya rada preman deh ... soalnya banyak tatonya) , ada satu lagi yang agak gradakan..... saya mau ngga makan ngga enak, soalnya mas yang jual lihatin terus.... nanti dikira menghina ...... akhirnya saya paksakan gigit 1/4 cm... tapi asli... mulut gua langsung mogok dan ngga mau terus lagi, baru kali ini dia berani melawan saya ... akhirnya saya nyerah... cekernya saya bungkus dan tambahkan Baso lagi... sampai di rumah saya tanya... Mbok, kalau makan ayam suka apanya di kampung ?.. jawabnya cekerr ...wah bagus, pucuk dicinta ulam tiba... nih mbok, sebagai tanda persahabatan, saya beliin Baso Ceker untuk Mbok... saya stress makan ceker ini... Mbok saya tertawa.

Jadi saya harus realistis saja, ceker tidak cocok untuk saya. Kalau ada masakan ceker .. gudeg ceker yang di Yogya .... saya makan daging ayamnya saja, kalau cekernya enak banget....... biar saya ngalah saja untuk yang doyan.

PS : Baso bakarnya enak :). Saya sampai nambah.

salam,
Alfons

1 comment:

sanoel said...

basonya bakarnya beneran enak, karena kemarin maknnya di jajanan bango senayan, sekarang jadi penasaran mau ke stand aslinya hehehehe...