Kevlar Extreme Disc
Brake Pads
Bos Rudyn, Fortyku sudah 40.000
km nih dan bengkel sudah wanti-wanti untuk ganti kanvas rem, boleh minta
rekomendasinya tempat yang recommended ?
Sebenarnya maksud saya adalah mendapatkan
bengkel yang recommended selain bengkel ATPM untuk mengganti kanvas rem karena
biasanya mengganti kanvas rem di ATPM harganya cukup mahal dan bisa menghemat
cukup banyak kalau memang ada rekomendasi bengkel yang baik. Kalau tanya sama
anak ID-Fortuner harusnya rekomendasinya bagus-bagus karena dulu saya pernah
beli saringan udara K&N yang menurut klaimnya tidak usah diganti dan hanya
perlu dibersihkan secara rutin. Hemat di kantong, cinta lingkungan .... di
sayang istri, ngga ada matinya :p.
Jawaban yang saya dapat
mengejutkan. Bukannya rekomendasi bengkel yang saya dapatkan, malah saya sampai
melongo ditanya oleh Rudyn.
Bro Alfons, mau tidak dapat
kanvas rem gratis. Kemarin ada toko onderdil yang menawarkan kanvas rem
gratiske anak-anak ID-Fortuner.
Haaaa ? Gratis ? SERIUS nih ? Itu
kanvas rem dijamin ngerem ngga ? Kok bisa gratis kaya antivirus gratisan gitu.
Bos Rudyn senyum ajah (kayanya
.... soalnya kan ngga kelihatan di BBM :p). Ok, kalau begitu kamu tunggu saja
nanti kamu di hubungi oleh orangnya.
Buset dah, mimpi apa gua semalam.
Mau cari rekomendasi bengkel bagus malah dapat tawaran kanvas rem gratis.
Singkat kata, telepon saya bunyi dan di seberang sana ada bos Michael yang pada
intinya menawarkan saya untuk menggunakan kanvas rem dengan merek Kevlar.
Dengar mereknya sih keren J,
kanvas rem kebal peluru. Silahkan Bapak ambil saja ke Utama Motor di Sawah
Besar, sebelahnya BCA. SIAP Bos Michael.
Hari Sabtu siang saya meluncur ke
Utama Motor, sambil menunggu saya sempat foto spanduk Kevlar (lihat gambar 1)
Gambar 1, Spanduk Kevlar
Jujur saja, saya termasuk awam
kalau sudah masalah teknis mobil, paling hal-hal yang sangat penting yang saya
kuasai seperti isi solar :p, periksa tekanan ban (saya punya kompresor DC merek
Coido yang ada meteran tekanan angin digital dan beli di Ace Hardware habis
membaca rekomendasi satu majalah otomotif) dan servis rutin. Jadi kalau ganti
brakepad ini saya pertama kali. Waktu diserahi brakepadnya ada 4 plat brake pad
(lihat gambar 2 dan 3).

Gambar 2 Kardus Brakepad dan packaging plastik

Gambar 3, 4 Brakepad lengkap dengan plat stainless yang yang berbunyi
mendecit karena tergesek disc kalau brakepadnya tipis dan perlu di ganti.
Lalu saya tanya sama Chandra, ini
brake pad buat semua roda Fortuner yah, empat-empatnya yah ? Si Chandra apa dia
lagi bengong apa memang naeknya sepeda gunung jadi dia juga lupa kali, dia
ngangguk ajah dan gua juga ngga pernah ganti kanpas rem yah gua ambil ajah itu
kanvas rem dengan perasaan berbunga-bunga .... (siapa yang ngga berbunga-bunga
dapat kanpas rem gratis :p, yang ngalahin berbunga-bunganya gua cuma si Ashraf
soalnya dia dapetin BCL). Wah, senang nih urusan ganti kanpas rem beres. Gua
tinggal cari bengkel untuk gantiin kanvas rem. Jujur ajah gua ngeblank ganti
kanvas rem dimana yah ? Apa di TODA ..... tapi setahu gua itu bengkel buat
ganti oli. Bos Rudyn ngasih tahu kalau yang biasa gantiin kanvas rem itu di
toko BAN. Busyeeet ... bodo banget gua, bener juga, tukang ban kan urusannya
bukan cuma tambel ban tapi juga ganti velg, balancing, spooring dan segala
macem yang berhubungan dengan ban. Kalau toko ban sih gua ada langganan Saputra
Ban di Hasyim Ashari, mana sambil nunggu gua bisa makan di Pondok Djaja yang barusan
pindah ke sebelahnya. Singkat kata Forty gua giring ke Saputra Ban dan gua
minta masnya untuk gantiin kanvas rem untuk 4 roda Forty.
Beres boss. Mana kanvas remnya ?
Ini mereknya keren ... Kevlar,
anti peluru.
Lhoo, masa cuma empat bos.
......
???? (gua melongo)
Mas, bannya kan 4, kanvas remnya
4. Yah cocok dong. Gimana sih ente ?
Gantian masnya yang melongo
...... (ini orang dodol banget .... keren2, sudah salah kok ngotot yak).
Pak, satu roda itu butuh 2 kanvas.
Dijepit kiri dan kanan. Jadi kalau 4 kanvas rem yah cuma bisa buat 2 roda.
Lagian ban belakang Fortuner itu ngga pakai disc tapi pakai drum (kalau ini gua
tahu maksudnya rem yang pakai sistem drum .... bukan drumband :p).
Lha ... ban sepeda ajah butuh dua
kanvas rem buat jepit tiap roda supaya berhenti, masa mobil segede Fortuner
cuma butuh satu kanvas .... itu mah buat lukis pak.
Wadduhh ... tengsin gua. Sudah
ngotot salah lagi. (tapi gua bakalan potong tipsnya si mas ... soalnya dia
nyela gua) Ya sudah, kalau begitu pasang ban depan ajah mas.
Singkat kata si mas sudah mulai
kerja dan saya tinggal untuk makan di Pondok Djaja yang terkenal dengan rendang
dan ayam gorengnya yang maknyus habis dan berbeda beberapa ruko dari Saputra
Ban di daerah Kemakmuran, Hasyim Ashari.
Pas saya balik ada dua hal yang
menarik perhatian saya. Pertama pas lihat kanvas rem lamanya saya sampai tidak
percaya ... buset, itu kanvas rem gua kok tipis banget yah, gua jejerin sama
kanvas rem Kevlar beda tebalnya 4/5, jadi kanvas rem lama gua tinggal 1/5
tebalnya. (lihat gambar 4 dan 5). Gua bersyukur juga ikutin rekomendasi bengkel
ATPM untuk ganti kanvas rem. Kalau ngga bisa nombok nanti gua kalau sampai
discnya kemakan pas kanvas remnya habis.

Gambar 4, Kanvas rem
lama ATPM dgn kanvas rem Kevlar yang baru.

Gambar 5, 40.000 KM
rupanya sudah hampir menghabiskan kanvas rem
Hal lain yang menarik perhatian
saya adalah kanvas rem Kevlar ini setiap kanvasnya dilengkapi dengan plat
stainless yang saya kirain Cuma buat fancy2 ajah atau variasi (tapi siapa yang
lihatin yah kalau fancy .... wong ketutup). Tapi pas tanya masnya dia bilang
kalau itu plat stainless penting sekali dan bukan buat fensi. Tinggi dari plat
stainless itu sudah diletakkan sedemikian rupa sehingga kalau kanvas rem sudah
sampai ketipisan tertentu dan perlu di ganti maka plat stainless akan beradu
dengan disc dan menimbulkan bunyi bising ... NGIIIIIIIIIIK atau JRIIIIIT
kira-kira gitulah bunyi besi beradu. Tujuannya adalah untuk ngasih tahu pemilik
mobil (yang ngga budeg) kalau sudah saatnya mengganti kanvas rem lagi. Nah,
yang saya amati, kok kanvas rem ATPM ke empat-empatnya ngga ada yang pakai plat
stainless yah L.
Apa mereka asumsi semua mobil keluarannya bakal diservis di bengkel ATMP
sehingga nanti akan di warning oleh SA ? Mungkin ini inputan untuk ATPM karena
kanvas rem ini seingat saya belum pernah saya ganti dari pertama kali beli.
Lalu hal lain yang menarik
perhatian saya adalah minyak rem. Pas balik makan, si masnya lagi ganti kanvas
rem ... saya lihat kok tutup minyak di dekat mesin yang dibuka (lihat gambar
5).

Gambar 5, Minyak rem
yang harus dikurangi karena rem yang tadi tipis jadi tebal J.
Tadinya sudah mau saya omelin saya kirain si mas main
buka-buka minyak power steering, mau cari story lagi nih sama gua. Tapi untung
saya belajar dari pengalaman dan ngga main ngomel ajah.
Mas, itu minyak apa ? Terbuka gitu ?
Oh, itu minyak rem pak, kalau ngga dibuka nanti luber bocor
kemana-mana.
Kok bisa luber mas ?
Kan kanpas remnya baru pak, jadi kita harus nekan balik.
OOOOOOO (dalam hati lega gua ngga ngomel ... ha ha ha, nanti
tipsnya gua ngga jdi potong deh :p).
Setelah selesai pasang kanvas rem
di 2 roda, minyak rem yang harus dikeluarkan cukup banyak, mencapai ½ gelas
kecil aqua dan walaupun sudah dikeluarkan tinggi minyak rem masih tetap sama.
Jadi benar katanya si mas kalau memang kanvas rem yang baru lebih tebal menekan
balik sistem hidrolik rem dan menempati ruang yang tadi ditempati oleh minyak
rem. (lihat gambar 6)

Gambar 6, Minyak rem
yang dikeluarkan ½ gelas aqua.
Kesimpulan :
Setelah penggantian rem
dilakukan, saya tentunya melakukan pengetesan rem. Sebagai gambaran, sebelum
diganti kalau saya injak rem dengan sekuat tenaga, terkadang saya mendengar
bunyi “KLANG”. Tadinya saya kira ban Forty menginjak kerikil dan melejit tetapi
hal itu terjadi beberapa kali. Kesimpulan saya mungkin karena kanvas rem sudah
tipis dan agak melejit ketika saya tekan rem dengan kencang. Setelah
penggantian kanvas rem ini hal ini tidak terjadi.
Mengenai kualitas Kevlar sampai
hari ini saya pakai hampir seminggu menurut pendapat saya kemampuan pengereman
dapat diandalkan dan tidak kalah dengan original asesoris. Malah ada plat besi
yang saya katakan diatas memberikan nilai tambah kalau brakepad habis.
Salam,
Alfons Tanujaya
Forty117





No comments:
Post a Comment