Thursday, June 14, 2007

Palma de Mallorca dan FIVE Tomato Sauce !!!

Dear JSer,

Palma de Mallorca dan FIVE Tomato Sauce !!!

Dari Jakarta menuju Palma de Mallorca, kalau dihitung-hitung saya terbang non stop kira-kira 24 jam. Waktu kasih tahu ke Otto, dia sampai terheran-heran ... kenapa lu ngga langsung ke Barcelona atau Madrid saja, dari sana kan ada direct flight ke Palma ? Jadi ngga perlu sampai ke Amsterdam dan Roma ... ngga mau kalah set gua bilang... gua mau lihat2 Airport2 itu ...ha..ha..ha.. padahal gua cari flight yang murah :P. Kalau soal sengsara sih ... si Otto suruh cobain tuh Arus Mudik Lebaran ... hmmmm, baru tahu tuh sebenarnya lama di perjalanan di kereta jubel2 kaya cendol, segala macam bau2an.... gerak ajah susah. Perjalanan 8 jam jadi 18 jam ... baru nyaho. Kalau di pesawat sih masih bisa duduk ketawa2 dan dapat makanan bakmi goreng rebus rasa kertas karton.
Sampai di Palma, dapat hotel gratisannya ValParaiso... viewnya bagus banget, ke teluk. Lihat pemandangan dari balkon http://www.panoramio.com/photo/798529. Di Palma tidak banyak yang seru karena kerjanya meeting terus 4 hari. Tapi karena sudah dibayarin yah setidaknya gua musti kelihatan konsentrasi :P, kalau ngga disuruh bayar sendiri bisa gawat. Terus diajak makannya semuanya aneh-aneh (untuk ukuran gua). Makannya masakan spanyol, tiap pesan minta terjemahan dulu dari teman karena gua cuman tahu beberapa kata .... Gracias, Si, Adios, Chino. Ada teman gua orang Singapur yang sok akrab praktekin Bahasa Spanyol ... ada waitres sudah tua dateng dia pesan makanan dan ajak ngobrol... Gracias Senorita... waitressnya tadi sudah jalan, dapat Gracias Senorita.... dia balik lagi.... N..nnnnn nooo Senorita, You know... N..nnnnnnn no Senorita. SENORA... haaaa rasain lu, baru tahu trapen dikit sudah mau coba berenang gaya kupu-kupu... sekarang dilelepin sama Senora galak :P.

Gua cari aman dalam mesan makanannya, cari House Specialty ... Kebab. Gua pesan Kebab bukan karena gua saudaranya Ali Baba atau Aladin tetapi karena gua pernah makan di Abrakebab Jakarta (dulu banget waktu pertama kali buka di Roxymas) dan gua cukup senang dan bisa masuk mulut karena waktu itu dagingnya selembar-selembar di tumpuk, lalu diiris tipis2 dan dikasih saus manis, dimakannya bungkus pakai sejenis roti prata yang lemes (ngga tahu namanya) dibentuk kaya Twisternya Kentucky. Jadi khayalannya begitu waktu mesan. Pas datang ... gua baru tahu kalau menghayal itu ngga baik .... Daging sepotong2 gede, ditusuk kaya sate (tusukannya dari besi warnanya perak) .... yah sudah... itu ajah... dan RASANYA ... asin doang..... gua sampa bengong, House Specialty ajah rusak kaya gini, gimana kalau yang lain ? Ada cewe Jerman yang pesan Steak ... dia memang minta ngga matang ... jadi waktu potong tuh daging masih keluar darahnya.... gua yang makan aja gemeteran lihatnya... tapi dia makannya tuh enak banget dan waktu gua tanya... katanya memang dia doyan steak yang masih ada darahnya. Buset dah ... gua batal naksir dah. Ikut dia makan kaya gitu bisa cacingan gua. Gua tertolongnya malah sama makanan pembuka, kerang dimasak dengan sejenis arak / wine ... jadi yah makannya ituuu ajah sampai yang lain ngga kebagian... gado sama roti, kerangnya enak soalnya tidak amis dan makannya gua tidak perlu cemas dengan pencemaran Logam Berat dari Teluk Jakarta :P. Habis itu makan Kebabnya...... slow motion ...... makin lama makin pelan... kaya batere mau habis gitu.... sambil nunggu yang lain udahan... gua langsung inisiatip kumpulin piring supaya punya gua ngga kelihatan sisa.

Selain kerang, makanan lain yang masih agak cocok dengan lidah adalah Anak cumi (squid) goreng tepung (makanan pembuka juga :P). Sampai-sampai dua kali makan diluar yah itu... gua kenyangnya sama makanan pembuka yang gua habisin 1/2 nya sendiri, padahal itu untuk berempat. Bodo deh. Waktu makan kedua kalinya saya pesan Suckling Pig .... karena ingat Obelix kalau makan Babi Panggang bisa sampai satu ekor...... harusnya enak yah. Pas datang....... hmm memang ceng lie kalau AM bilang Ibu Oka Paling Enak Sedunia, soalnya saingannya kaya gitu ... bukan cuma gua, teman-teman lain yang pesan juga ngga habis :P.

Yang seru Winenya, jadi kalau sedih makanannya ngga enak ..... ada pelipur lara, minum wine (tapi ngga sampai mabuk dan dinikmati sedikit-sedikit ....... tetapi suaranya tidak sekencang Mr. Y kalau lagi wine tasting yang kaya orang ngorok :P) mumpung gratis.. winenya freeflow (pesan botol baru lagi setiap bendahara ke WC atau diajak ngobrol ke luar ..ha..ha..ha.. memang pada kompak).

Palma de Mallorca adalah salah satu dari 3 pulau wisata di Spanyol (yang lain Ibiza .. lebih banyak anak mudanya dan Mayorca ... gua ngga tahu yang ini). Bangunannya
mirip dan tipikal bangunan Eropa. Banyak bangunan kuno dan cukup terawat. Malah bangunan baru relatif sedikit.

Selain itu yang berkesan adalah di pelabuhannya berjejer ratusan (mungkin ribuan) kapal pesiar dan semuanya punya tiang layar setinggi2 tiang listrik. Padahal semuanya saya perhatikan sudah punya motor sendiri, jadi bukan kapal layar tulen. Nah, kalau di Indonesia ada tiang-tiang setinggi itu, kemungkinan bakalan buat gantung jemuran atau sangkar burung kali yah :P.
Suhu di Palma adem (waktu saya disana lho), sejuk dan mobil (taksi dan mobil lainnya) di dalam kota rata-rata tidak ada yang nyalakan AC, tetapi buka jendela semua. Padahal banyak mobil-mobil yang jarang lihat di Indonesia seru seperti Ferrari, Ibiza, Skoda dan mobil khusus untuk manula... mereknya Lancia.. :P.

FIVE Tomato Ketchup !!!
Karena mau aman makan di luar, baik dari segi budget dan rasa (standar) saya menempatkan Fast Food pada urutan pertama restoran yang saya cari. Meskipun termasuk junkfood ... tapi daripada kena ketok atau dapat yang rasanya ngga karuan .... setidaknya khayalan saya dengan kenyataannya cukup dekat.
Salah satu restoran yang sering saya kunjungi adalah Mc Donalds ..ha..ha..ha.. jauh-jauh makannya Mc Donald juga. Tapi di Eropa Mc Donald (dan Burger King) nya ada menu yang ngga bakalan ada di Jakarta. Chicken Supreme with Bacon atau Bacon Crispy (dua-duanya megandung babi). Jadi sebelum berpisah dan tidak bertemu lagi ... gua sering-sering makan di Mc Donals dan Burger King. Sekali makan di Kentucky (ini memang hobi junk food yah ... ngga jauh-jauh) ... rasanya jauuh sama Jakarta (bukan cuma jaraknya) ....... mana adanya Crispy doang dan menurut gua sih agak monoton dan tidak kaya rasa ayam goreng kentuckynya Indonesia.

Nah, gua ada pengalaman tak terlupakan di Mc Donald Roma. Karena beberapa kali makan di Mc Donald gua selalu ngga dikasih saus tomat, maka tiap kali makan di Mc Donald manapun gua pasti minta saus tomat. Dan si penerima order... apa memang disuruh mempersulit orang minta saus tomat atau memang kenalin muka gua suka minta saus tomat banyak ...... tiap kali gua minta saus tomat dikasihnya satu... minta lagi..satu... masih kurang..satu lagi... sampai bete. Jadi tiap kali gua minta saus tomat pasti bilang.... kalau ngga EMPAT .. yah LIMA. Percaya deh, saus tomat segitu ngga gua kantongin dan memang habis gua hirup.
Waktu di Spanyol juga begitu, minta saus tomat gua bilang 4, dikasihnya 3... gua tongkrongin sampai dia kasih satu lagi... bodo.. padahal antriannya panjang.

Nah, ini waktu di Roma gua beli Mc Bacon crispy. Yang layanin gua cewe mukanya agak2 culun (gigi agak tonggos) rambut di kepang. Dari pertama gua order sudah jadi perhatian orang (gua berasa... bukan Ge Er), soalnya gua satu2nya yang ngga pakai Bahasa Itali. Jadi pas pesan one Mc Crispy with Patata Fries and bebida (minuman) Coke .... satu restoran rasanya sudah noleh dan merhatiin...... siapa nih gringo kampungan ngga bisa Itali. Dasar orang Itali makanya belajar ngomong Inggris, masak orang pesan order Bahasa Inggris langsung diperhatiin. Habis itu seperti biasanya gua langsung minta saus tomat.

I need Tomato ...Tomato.... dia lagi ambil.... FIVE... sambil ngacungin semua jari tangan kiri gua. Eeeeehh... si culun langsung terperanjat sampai mundur2... HAAAAA.... FIVEEEEE ??
Gua sebel banget, mana satu restoran tambah lihatin gua lagi... terus dia kenceng2 lagi..... ini memang sudah kebijakan Internasional Mc Donald musuhin gua kalau minta saus tomat, ngga di Indonesia .. ngga di Spanyol... ngga di Itali semuanya ngocol. Gua langsung panas.

YES.... FIVE.. sambil ngasih lihat jari kiri terus gua hitung jari kiri gua satu per satu ke dia ..... ONE... TWO...THREE...FOUR...FIVE. Gua kepalang basah, semua orang ngeliatin gua.... lu mungkin berhasil bikin gua tengsin karena minta saus tomat banyak ...... tapi gua ngga bakalan lolosin lu dari ngasih gua saus tomat 5. Masih bagus gua ngga minta 6, kalau niat mah gua pernah ngabisin 7 bungkus saus tomat sekali makan.
Akhirnya si culun ngasih gua saus tomat 5 sesuai permintaan gua.....
dan setelah gua terima saus tomatnya
.... SAUDARA.....SAUDARA....
gua baru tahu kenapa dia sampai mundur2
...ha..ha..ha....
Saus tomatnya tuh beda sama yang di Spanyol dan Indonesia. Kalau di Indonesia dan Spanyol kan satu bungkus se encrit (paling 10 CC) tiga kali colek juga habis ... ini tuh satu bungkus 25 CC (bungkusannya dari plastik keras warna putih kaya tempat selai / butter untuk olesin roti). Jadi kalau 5 saus tomat sama dengan 125 CC saus tomat.... gua mana bisa habisin segitu. Sambil makan gua ketawa-ketawa sendiri banyangin mukanya di culun itu.... sampai2 anak kecil di seberang gua lihatiiiin terus... ini orang kenapa ketawa... gila kali yah ..ha..ha..ha...
Alhasil, saya cuma berhasil habisin 3 bungkus saus tomat, itu juga sampai luber2 karena satu bungkus gua siram semua ke hamburger ... rasanya berger itu cuma satu.... Aseeeeeeem, bukan Bacon Mc Cripsy tapi Tomato Mc Asem. Dan itupun masih bersisa 1/2 bungkus gua sudah ngga kuat, gua buang dengan ngumpet2. Sisa dua akhirnya saya kembaliin satu.... kasir lain yang terima sampai bilang...Gracias.... Graciasss...Graciass... akhirnya dia balik modal juga. Satunya saya kantongin sebagai kenang-kenangan... rencananya mau saya foto ajah.

salam,
Alfons

1 comment:

imoet said...

HOAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH
sampe ngakak baca tragedi saos tomat!!!

eh, lucu banget blognya. tiap cerita pasti bikin ngakak. keep writing ;-)