Sunday, June 10, 2007

Abjad Belanda ada 23 .. kenapa ? KLM nya terbang

Dear JSer,

Trims untuk informasi mengenai Eropa. Ini sedikit cerita anak kampung nyasar dikota :P. Karena panjang, jadi kaya film sinetron dibikin beberapa seri, kalau banyak yang iklan maka akan dibuat seri selanjutnya. Judulnya sinetronnya "Tersandung" .....Phhrrrt..

Pesawat

Seperti yang saya ceritakan, untuk pesan tiket pesawat, hotel dan konfirmasi saya memanfaatkan internet. Saya dapat seat KLM 33A. Karena saya pilihnya Windows seat. Waktu pilih cuma ada option windows or isle (kalau ngga mau pramugari bingung bacanya "ael" ... kaya Arbow baca "aer" gitu). Dan dapatnya 33A sewaktu konfirmasi tiket dari KLM. Meskipun katanya tiket dikirim lewat email, tetapi nyatanya saya ngga terima tuh tiket. Jadi terpaksa telepon dan kembali ke jaman kuda gigit besi... konfirmasi tiket di fax. Tapi masih confenience karena tidak perlu keluar kantor. Yang bayar biaya fax kan KLM :P. Cek punya cek ke seatguru.com seperti yang diinformasikan oleh beberapa JSer (sebelumnya harus tahu nomor pesawat dan tipenya ... resepsionisnya sampai bingung waktu saya tanya nomor pesawat ini tipe pesawatnya apa ... ) rupanya seat yang saya dapatkan termasuk yang berwarna merah :(... Walah.. perjalanan pertama yang jauh dapat seat yang ngga enak. Makanya deg-degan waktu masuk pesawat, rupanya seatnya di posisi terakhir sebelum pintu darurat (seat yang enak menurut seat guru adalah seat di depan pintu darurat karena leg roomnya luas....legaa). Memang bete juga, mana saya pilihnya windows seat lagi, jadi harus melewati dua orang kalau mau keluar ... misalnya memenuhi panggilan alam. Tapi ternyata saya cukup beruntung karena sebelah saya kosong .... sebelahnya lagi... kosong lagi... horeeeee, gua bisa punya leg room ke samping. Sambil duduk nyamping lihat2 ke belakang duduknya bertiga, legroom ke depannya lega, tapi empet2-an... kalau gua dong legroom kedepan sempit tapi bisa tiarapan di kursi ke samping..:P. Tapi goodnewsnya cuma pada saat penerbangan Jkt-KL. Dari KL ke Amsterdam.... buset dah, ada yang duduk di kursi kesayangan gua ... mau usir... badannya gede :P. Akhirnya ajak kenalan ajah... namanya Otto (kaya mobil mainan bos gua). Dan sekali lagi gua bersyukur jadi orang Asia karena Otto orang Jerman ..... kakinya ngga muat di legroom, jadi sepanjang jalan kenangan ... 12 jam-an dia kalau ngga nyamping... terpaksa buka kaki lebar2... keram...keram deh lu.

Disiplin... disiplin

Karena lama, saya sudah siapkan buku bacaan dan komik 3 buku (Buddha by Osamu Tezuka ... lagi ngetop tuh, baca deh) tapi lama-lama kan bosen yah. Akhirnya mulai kurang kerjaan, lihat kiri ... jendela.....gelap. Lihat kanan, tengah kosong, paling kanan...... Otto lagi ngorok. Yah sudah gua cobain headphone pesawat pilih2 lagu. Wah lagunya bagus2 dan banyak channelnya, cuman cari Delta FM ngga ketemu ... payah nih sinyalnya Delta jelek :P. Pesawat sedikit terguncang dan ada peringatan (lampu) untuk mengencangkan ikat pinggang (eh salah... sabuk pengaman) ... Terus dengerin lagi musik dari pesawat ..... asyiik Billy Ocean, kencengin volumenya sampai POLL... Lagi setengah teler dan terbuaiii dengan laguuuu ...... Suddenlyyyyy... Life has new meaning toooo........MOTHER WITH THE BUMBLE HAIR, MOTHER WITH THE BUMBLE HAIR PLEASE REMAIN SEATED !!! Tahu - tahu suara sekeceng-kenceng toa masuk ke Headphone (dan tentunya kuping gua) ..... langsung melotot dan lepasin headphone, kurang asem nih pramugara kurang kerjaan. Rupanya dia melototin gang pesawat (kayanya pakai CCTV soalnya ngga kelihatan batang hidungnya) dan karena ada nenek-nenek bule yang rambutnya kaya Ahmad Albar / Edi Brokoli (gua ngga tahu Bumble hair itu artinya apa.. mungkin salah denger tapi pokoknya rambut dandanan sarang lebah dan kusut sana sini karena sudah senderan lama... kalau ada semut merah masuk ke rambut... carinya susah tuh :P). Btw, pesawatnya jalannya 964 KM per jam... gilee cepet yah.

Makanan

Kalau makanan di pesawat gua langsung ingat Pop Mie paling cepatnya Andrew pop mie. Soal packaging... saya kasih nilai 10 buat KLM. Karena packagingnya sangat menarik. Tetapi ibarat peragawati ... kece ajah boleh, tetapi bisa masak ngga ? Atau maminya kaya maminya A M (yang ngga bisa masak :P dan bilang babi guling Oka paling enak sedunia) makanannya enak ngga ? ..... Bener ajah... gua buka menunya mie goreng... tampangnya menggoda, tetapi.. baunya.... itu khas masakan yang dikukus. Jadi rupanya setelah digoreng.. disimpan dalam tempat panas (kayanya bukan oven deh, tapi bukan di ketekin soalnya mienya banyak) dan setelah dikeluarkan yah itu, kaya dirumah mertua gua dulu...... pempek yang harusnya digoreng..... dia kukus..... dan tawarin gua makan...... meskipun gua cinta banget sama anaknya... tapi mulut gua tidak mau nurut perintah gua dan gua ngga berhasil masukin makanan itu ke mulut. Ini juga sama, saya memang cobain... tapi rasa dan tampangnya tuh ngga sinkron..... kaya cewe / cowo kece tapi agak2 korslet gitu kalau ngomong. Tampangnya kece kaya mie goreng.... tapi rasanya kaya mie kukus berbau packaging kertas ..... kayanya KLM kudu hire abang mei tek-tek langganan gua untuk bikin mie goreng.

Terus di kotak makanannya yang cakep itu (ada 3 kali pembagian makanan), salah satunya ngasih pensil ?? Iyah beneran pensil yang sudah diserut.... lha... apa sudah kehabisan makanan gua disuruh ngemut pensil ? Atau dikira mau kasih hadiah. Ngga tahunya di kotak makanannya (dibaliknya) ada cetakan teka-teki asah otak Sudoku... kalau gua sih ngga tertarik...mendingan tidur dan pensil itu gua simpan untuk dua bos gua bikin kumon :P.

Makanan datang lagi jam 12 malam (6 pagi waktu Belanda) wah, ada yg hangat2 (bukan tahi ayam ya), jangan seperti anak SD ingatnya peribahasa terus. Seru nih, pas dibuka, penampakan terjadi lagi ...... Mie goreng kukus lagi .... yaikss... Selera lgsg hilang. Lirik kanan, si Otto lg asyik sikat mie goreng rasa kukus dgn lahap, 1 menit tandas. Pasti Otto ngga bisa masak mamanya, ngga pernah cobain mie goreng Mandala :p. Akhirnya ibarat pepatah, tiada rotan akarpun berguna, gua sikat saja salad buah yang ada. Mienya gua sisain buat Otto ajah... sayang dia ngga minta, kalau minta mau gua tukar sama salad.

Terus ada lagi biskuit 4x4 cm merek Hwa Tai, lalu ada cheese dlm packaging plastik. Kalau dikasih teka-teki, ada beberapa keping biskuit dan disebelahnya ada cheese, kira-kira kan itu biskuit dimakan sama cheese dong...... ngga usah main Sudoku juga gua bisa :P. Lalu saya buka cheese itu.... lho kok agak keras dan ngga melt ? Makannya harus pas 17 Agustusan nih, semangat 45. Akhirnya colek cheese pakai biskuit kecoel dikit, maksa colek lagi lbh keras ....PYARRR ... biskuitnya berantakan... hancur. Lirik kanan (jauh) Otto lihat ngga ? Kan malu mkn kaya bos dirumah makannya berantakan. Eh... Dia lagi asyik makan biskuit sama cheese dgn santai. Cheesenya dijepit pakai biskuit ...gubrak, dasar kampungan :p. Ha...ha...untung dia ngga lihat.


Terus pas mau tiba di Amsterdam, insiden terjadi lagi. Kali ini bukan si nenek Ahmad Albar... tetapi bapak-bapak tampang pejabat. Pesawat belum berhenti total dia sudah berdiri..... Gua langsung CEPAT-CEPAT lepasin headphone pesawat gua. Bener juga ..... dalam bilangan detik ... toa nyala.... MASTER IN THE MIDDLE... MASTER IN THE MIDDLE... PLEASE REMAIN SITTING. Yang ditegur ngga berasa... Ngga tahu malu atau ngga ngerti Bahasa Inggris, akhirnya disamperin pramugara dan disuruh duduk lagi. Dari tampangnya sih kaya pejabat dari Indo / Malaysia...tapi moga2 bukan soalnya gua baru cerita sama Otto kalau org Indonesia itu keren2 :p.

Internetnya sudah mau mati, disambung nanti yah.

salam,

Alfons

2 comments:

Natalia Tanyadji said...

Hai virus, tulisannya sangat saya nikmati tiap kali posting di milis. Thanks! mengundang senyum..
-Natalia Tanyadji-

Alfons On The Blog said...

My pleasure and I am glad if it brighten your day :).

Alfons