Thursday, March 15, 2012

Kevlar Extreme Disc Brake Pads
Kevlar Extreme Disc Brake Pads

Bos Rudyn, Fortyku sudah 40.000 km nih dan bengkel sudah wanti-wanti untuk ganti kanvas rem, boleh minta rekomendasinya tempat yang recommended ?
Sebenarnya maksud saya adalah mendapatkan bengkel yang recommended selain bengkel ATPM untuk mengganti kanvas rem karena biasanya mengganti kanvas rem di ATPM harganya cukup mahal dan bisa menghemat cukup banyak kalau memang ada rekomendasi bengkel yang baik. Kalau tanya sama anak ID-Fortuner harusnya rekomendasinya bagus-bagus karena dulu saya pernah beli saringan udara K&N yang menurut klaimnya tidak usah diganti dan hanya perlu dibersihkan secara rutin. Hemat di kantong, cinta lingkungan .... di sayang istri, ngga ada matinya :p.

Jawaban yang saya dapat mengejutkan. Bukannya rekomendasi bengkel yang saya dapatkan, malah saya sampai melongo ditanya oleh Rudyn.
Bro Alfons, mau tidak dapat kanvas rem gratis. Kemarin ada toko onderdil yang menawarkan kanvas rem gratiske anak-anak ID-Fortuner.
Haaaa ? Gratis ? SERIUS nih ? Itu kanvas rem dijamin ngerem ngga ? Kok bisa gratis kaya antivirus gratisan gitu.
Bos Rudyn senyum ajah (kayanya .... soalnya kan ngga kelihatan di BBM :p). Ok, kalau begitu kamu tunggu saja nanti kamu di hubungi oleh orangnya.

Buset dah, mimpi apa gua semalam. Mau cari rekomendasi bengkel bagus malah dapat tawaran kanvas rem gratis. Singkat kata, telepon saya bunyi dan di seberang sana ada bos Michael yang pada intinya menawarkan saya untuk menggunakan kanvas rem dengan merek Kevlar. Dengar mereknya sih keren J, kanvas rem kebal peluru. Silahkan Bapak ambil saja ke Utama Motor di Sawah Besar, sebelahnya BCA. SIAP Bos Michael.
Hari Sabtu siang saya meluncur ke Utama Motor, sambil menunggu saya sempat foto spanduk Kevlar (lihat gambar 1)
 
Gambar 1, Spanduk Kevlar

Jujur saja, saya termasuk awam kalau sudah masalah teknis mobil, paling hal-hal yang sangat penting yang saya kuasai seperti isi solar :p, periksa tekanan ban (saya punya kompresor DC merek Coido yang ada meteran tekanan angin digital dan beli di Ace Hardware habis membaca rekomendasi satu majalah otomotif) dan servis rutin. Jadi kalau ganti brakepad ini saya pertama kali. Waktu diserahi brakepadnya ada 4 plat brake pad (lihat gambar 2 dan 3).
 
Gambar 2 Kardus Brakepad dan packaging plastik
 
Gambar 3, 4 Brakepad lengkap dengan plat stainless yang yang berbunyi mendecit karena tergesek disc kalau brakepadnya tipis dan perlu di ganti.

Lalu saya tanya sama Chandra, ini brake pad buat semua roda Fortuner yah, empat-empatnya yah ? Si Chandra apa dia lagi bengong apa memang naeknya sepeda gunung jadi dia juga lupa kali, dia ngangguk ajah dan gua juga ngga pernah ganti kanpas rem yah gua ambil ajah itu kanvas rem dengan perasaan berbunga-bunga .... (siapa yang ngga berbunga-bunga dapat kanpas rem gratis :p, yang ngalahin berbunga-bunganya gua cuma si Ashraf soalnya dia dapetin BCL). Wah, senang nih urusan ganti kanpas rem beres. Gua tinggal cari bengkel untuk gantiin kanvas rem. Jujur ajah gua ngeblank ganti kanvas rem dimana yah ? Apa di TODA ..... tapi setahu gua itu bengkel buat ganti oli. Bos Rudyn ngasih tahu kalau yang biasa gantiin kanvas rem itu di toko BAN. Busyeeet ... bodo banget gua, bener juga, tukang ban kan urusannya bukan cuma tambel ban tapi juga ganti velg, balancing, spooring dan segala macem yang berhubungan dengan ban. Kalau toko ban sih gua ada langganan Saputra Ban di Hasyim Ashari, mana sambil nunggu gua bisa makan di Pondok Djaja yang barusan pindah ke sebelahnya. Singkat kata Forty gua giring ke Saputra Ban dan gua minta masnya untuk gantiin kanvas rem untuk 4 roda Forty.

Beres boss. Mana kanvas remnya ?
Ini mereknya keren ... Kevlar, anti peluru.

Lhoo, masa cuma empat bos.
......
???? (gua melongo)
Mas, bannya kan 4, kanvas remnya 4. Yah cocok dong. Gimana sih ente ?

Gantian masnya yang melongo ...... (ini orang dodol banget .... keren2, sudah salah kok ngotot yak).
Pak, satu roda itu butuh 2 kanvas. Dijepit kiri dan kanan. Jadi kalau 4 kanvas rem yah cuma bisa buat 2 roda. Lagian ban belakang Fortuner itu ngga pakai disc tapi pakai drum (kalau ini gua tahu maksudnya rem yang pakai sistem drum .... bukan drumband :p).
Lha ... ban sepeda ajah butuh dua kanvas rem buat jepit tiap roda supaya berhenti, masa mobil segede Fortuner cuma butuh satu kanvas .... itu mah buat lukis pak.

Wadduhh ... tengsin gua. Sudah ngotot salah lagi. (tapi gua bakalan potong tipsnya si mas ... soalnya dia nyela gua) Ya sudah, kalau begitu pasang ban depan ajah mas.

Singkat kata si mas sudah mulai kerja dan saya tinggal untuk makan di Pondok Djaja yang terkenal dengan rendang dan ayam gorengnya yang maknyus habis dan berbeda beberapa ruko dari Saputra Ban di daerah Kemakmuran, Hasyim Ashari.
Pas saya balik ada dua hal yang menarik perhatian saya. Pertama pas lihat kanvas rem lamanya saya sampai tidak percaya ... buset, itu kanvas rem gua kok tipis banget yah, gua jejerin sama kanvas rem Kevlar beda tebalnya 4/5, jadi kanvas rem lama gua tinggal 1/5 tebalnya. (lihat gambar 4 dan 5). Gua bersyukur juga ikutin rekomendasi bengkel ATPM untuk ganti kanvas rem. Kalau ngga bisa nombok nanti gua kalau sampai discnya kemakan pas kanvas remnya habis.
 
Gambar 4, Kanvas rem lama ATPM dgn kanvas rem Kevlar yang baru.
 
Gambar 5, 40.000 KM rupanya sudah hampir menghabiskan kanvas rem

Hal lain yang menarik perhatian saya adalah kanvas rem Kevlar ini setiap kanvasnya dilengkapi dengan plat stainless yang saya kirain Cuma buat fancy2 ajah atau variasi (tapi siapa yang lihatin yah kalau fancy .... wong ketutup). Tapi pas tanya masnya dia bilang kalau itu plat stainless penting sekali dan bukan buat fensi. Tinggi dari plat stainless itu sudah diletakkan sedemikian rupa sehingga kalau kanvas rem sudah sampai ketipisan tertentu dan perlu di ganti maka plat stainless akan beradu dengan disc dan menimbulkan bunyi bising ... NGIIIIIIIIIIK atau JRIIIIIT kira-kira gitulah bunyi besi beradu. Tujuannya adalah untuk ngasih tahu pemilik mobil (yang ngga budeg) kalau sudah saatnya mengganti kanvas rem lagi. Nah, yang saya amati, kok kanvas rem ATPM ke empat-empatnya ngga ada yang pakai plat stainless yah L. Apa mereka asumsi semua mobil keluarannya bakal diservis di bengkel ATMP sehingga nanti akan di warning oleh SA ? Mungkin ini inputan untuk ATPM karena kanvas rem ini seingat saya belum pernah saya ganti dari pertama kali beli.

Lalu hal lain yang menarik perhatian saya adalah minyak rem. Pas balik makan, si masnya lagi ganti kanvas rem ... saya lihat kok tutup minyak di dekat mesin yang dibuka (lihat gambar 5).
 
Gambar 5, Minyak rem yang harus dikurangi karena rem yang tadi tipis jadi tebal J.

Tadinya sudah mau saya omelin saya kirain si mas main buka-buka minyak power steering, mau cari story lagi nih sama gua. Tapi untung saya belajar dari pengalaman dan ngga main ngomel ajah.

Mas, itu minyak apa ? Terbuka gitu ?

Oh, itu minyak rem pak, kalau ngga dibuka nanti luber bocor kemana-mana.

Kok bisa luber mas ?

Kan kanpas remnya baru pak, jadi kita harus nekan balik.

OOOOOOO (dalam hati lega gua ngga ngomel ... ha ha ha, nanti tipsnya gua ngga jdi potong deh :p).

Setelah selesai pasang kanvas rem di 2 roda, minyak rem yang harus dikeluarkan cukup banyak, mencapai ½ gelas kecil aqua dan walaupun sudah dikeluarkan tinggi minyak rem masih tetap sama. Jadi benar katanya si mas kalau memang kanvas rem yang baru lebih tebal menekan balik sistem hidrolik rem dan menempati ruang yang tadi ditempati oleh minyak rem. (lihat gambar 6)
 
Gambar 6, Minyak rem yang dikeluarkan ½ gelas aqua.

Kesimpulan :
Setelah penggantian rem dilakukan, saya tentunya melakukan pengetesan rem. Sebagai gambaran, sebelum diganti kalau saya injak rem dengan sekuat tenaga, terkadang saya mendengar bunyi “KLANG”. Tadinya saya kira ban Forty menginjak kerikil dan melejit tetapi hal itu terjadi beberapa kali. Kesimpulan saya mungkin karena kanvas rem sudah tipis dan agak melejit ketika saya tekan rem dengan kencang. Setelah penggantian kanvas rem ini hal ini tidak terjadi.
Mengenai kualitas Kevlar sampai hari ini saya pakai hampir seminggu menurut pendapat saya kemampuan pengereman dapat diandalkan dan tidak kalah dengan original asesoris. Malah ada plat besi yang saya katakan diatas memberikan nilai tambah kalau brakepad habis.

Salam,
Alfons Tanujaya

Forty117

 
 

 

 

 

No comments: