Friday, January 28, 2011

Banjir Jeruk Impor

KAM = Jeruk

Dear JS-er,

Bagi yang suka buah (beneran bukan kata kiasan) tentunya akhir-akhir ini mengalami juga kalau di toko-toko buah sedang banjir buah jeruk impor. Saya yang selama ini rutin minum jeruk peras (kalau jeruk ngga apa-apa diperas ... asal jangan TKW di peras, nanti dia ngadu ke komnas) berlangganan jeruk Pontianak dan harganya saya anggap cukup murah, sekitar 12.000 per kg kalau ngga pakai asem. Kalau mau jeruk Pontianak yang pakai bonus asem bisa dapat murah, sekitar 9.000, cuma setiap kali minum jeruk itu saya langsung seperti habis nonton film horror ....... sekujur badan merinding.... acceeeeeeem. Jadi kayanya roh halus sama jeruk sodaraan yak, dua-duanya bisa bikin merinding.

Nah, karena nilai geografi saya cukup baik (maksudnya sering nyontek tapi ngga pernah ketahuan :p), tentunya saya tahu kalau China itu jauh dari Indonesia dan kalau bawa jeruk dari China ke Jakarta itu “harusnya” lebih mahal daripada bawa jeruk dari Pontianak atau Medan ke Jakarta. Tetapi apa yang saya temukan dalam 1 bulan terakhir ini membuat saya takabur ... eh... takjub.

Dimulai dari promo di Farmers Market dimana harga jeruk impor 100 gram cuma Rp. 1.050,-, jadi kalau mau satu kg artinya Rp. 1.050,- X 10 = Rp. 10.500,- (kadang-kadang gua heran, ini supermarket apa ada kolaborasi sama Kumon yah, kasih harga buah per 100 gram, kenapa ngga straight 1 kg saja. Sekalian ajah jeruk Ponkam 1 ton Rp. 10.500.000,-....... jadi kalau mau beli 1 kg tinggal bagi 1.000, soalnya gua lebih suka bagi-bagian daripada kali-kalian). Waks .... prosesor (pelit) di otak saya langsung bekerja. Kalau 1 kg Ponkam Rp. 10.500,- dan jeruk Pontianak yang biasa gua peras (bukan nama artiz ... Julia Peraz) Rp. 12.000,- tentunya lebih murah jeruk Ponkam ..... pas lihat lagi, ada yang lebih gila, habis itu tiap belanja Rp. 500.000,- dapat voucher Rp. 50.000,- bisa buat beli jeruk. Bingung gua gimana hitung2annya. Mana itu jeruk setiap jeruk di bungkus pakai plastik yang di sablon ..... tambah mahal lagi modalnya.

Makanya dalam 2 minggu terakhir ini saya berpindah ke lain hati ..... eh jeruk, biarpun katanya Ponkam itu jeruk kupas .... memangnya kalau gua perez dia bisa apa ??

Nah, saya pikir saya sudah hebat dan dapat jeruk dengan harga murah. Jadi tiap beli jeruk sampai berkilo-kilo ..... orang lihatnya keren .... padahal bayarnya juga pakai kartu kredit .... di cicil lagi, bunga 0 % lagi. Ngga ada matinya :p. Sampai minggu lalu, program promo di Farmers habis dan jeruknya jadi Rp. 15.000.000,- per ton. Saya dapat BBM dari “preman” di rumah :

“Jeruk habis, hayo cepat beli lagi atau besok kamu minum air putih perez”. (emang namanya juga prema ... dimana-mana galak :p).

Lalu saya berangkat ke toko buah Jakarta di Jl. Gajah Mada (sebelum Pengadilan Negri / Gajah Mada Plaza). Sebenarnya saya kepikir untuk ke Lucky, tetapi pengen sekali-kali cobain toko buah alternatif. (kalau toko buah gua sering gonta-ganti toko buah .... kalau istri .... kayanya agak berabe yah kalau dicoba).

Disana saya ketemu jeruk Navel RRC Rp. 15.000,- per kg. Kalau jeruk Navel ini bukan jeruk kupaz atau jeruk perez tetapi jeruk potong(walaupun kalau Js-er ngotot itu Navel mau di kupas ... dia juga ngga bisa protes ... gua sering ngupas Navel .... malah makannya lebih enak daripada dipotong ... Cuma belepotan ajah. Seperti kata iklannya Farah Quinn (sekarang gua tahu kenapa banyak teman-teman cowo gua pada suka nonton acara masak .... hhhh), Its Gonna Get Messy ..... jadi ngga apa-apa deh, makan jeruk serasa makan burger :p.

Saya sudah kepikiran untuk beli Navel saja untuk diperas. Tetapi untung mata saya sangat terlatih, dari latihan di jalan melirik-lirik kiri-kanan yang lewat (jangan sampai ketahuan mantan pacar yang “preman”), saya lirik juga sebelahnya si Navel. Ada jeruk Lokan .... harganyaaa Rp. 7.500.000,- per ton alias Rp. 7.500,- per kg ... buset dah, di atas langit masih ada langit. Saya sangking ngga percaya sampai kucek2 mata .... harganya ngga berubah. Si mbak yang jaga sampai cemas .... kok ini orang lihatin jeruk bisa terharu. Tanpa basa-basi saya langsung ambil satu dan saya buka untuk saya coba ...... jangan-jangan ini jeruk horror yang bisa bikin gua merinding. Tetapi nyatanya ..... manis. Wah ..... saya langsung beli 10 ton .... eh salah deh ..... 10 kg / 1 dus (Mbaknya sudah melotot .... ini orang mau belanja norak banget .... dicobain dulu baru beli ..... ngga nanya-nanya lagi :p). Gila nih, sudah murah, tiap jeruk dibungkus plastik merah, dimasukin kardus, bayar bisa pakai kartu kredit, ditagihnya 30 hari lagi .... bisa gua cicil lagi .... wkwkwkwkwk.

Saya browsing karena curious dan dapatkan beberapa informasi tetapi dari tahun 2009 bahwa jeruk impor China mengandung formalin. Meskipun jadi ragu-ragu .... tetapi kalau JS-er ada yang berkompeten dan memiliki bukti otentik / fakta, mohon di share. Apakah memang benar mengandung formalin atau memang Panen Raya Jeruk di China yang menyebabkan banjir jeruk sampai hari ini.

<<>> :

Ngomong-ngomong soal jeruk, kalau tidak salah dalam Kamus Bahasa Cina Okem / pasaran, “Kam” itu artinya jeruk :

Ponkam, Kam = Jeruk, Pon = Ponirin. Mungkin artinya Jeruk Ponirin (jeruk dari kebun Ponirin ... si ahli batu ajaib)

Lokan, Kan = Jeruk (beda-beda N sama M cincai lah). Lo = ... Ceritanya begini, Lokan itu kan jeruk yang lebih kecil dari Ponkam. Mungkin yang punya kebun minta Amei petikin jeruk, dan karena kebiasaan lihat jeruk Ponkam yang besar-besar. Pas dapat jeruk kecil ini dia kaget...... Lhoo ... Kam ? Maka akhirnya jeruk yang lebih kecil itu dinamai Lokan.

Wong Kam Fu, Wong = orang, Kam = Jeruk. Jadi kira-kira artinya Seorang penggemar jeruk. Fu = Kungfu. Seorang penggemar jeruk yang jago kungfu.

Bo Kam Guan, Bo = ngga ada (beneran ... sumpee ini bo artinya ngga ada), Kam = Jeruk. Guan ... kalau ngga salah ini merek biskuit Khong Guan. Karena satu kesatuan kata ini seperti kata majemuk, Bo Kam Guan itu artinya ngga rela. Kalau kita tilik dari akar kata di atas, kemungkinan besar jadinya : Ngga ada jeruk dikasih Khong Guan .... tentunya ngga rela dong, orang minta jeruk kok dikasih Khong Guan.

<<>>

Salam,

Alfons

No comments: