Friday, October 2, 2009

Bakerzin dan Batik = Sarung ??

Dear JS-er,

Semua gara-gara UNESCO, karena batik di tetapkan sebagai Indonesia's Heritage, maka semua orang hari ini mengenakan batik. Saya berharap-harap cemas supaya Koteka jangan buru-buru di tetapkan sebagai Indonesia's Heritage .... bisa runyam urusannya :p.

Alkisah, dua bos saya yang masih sekolah SD juga mendapatkan surat cinta dari sekolahnya. Dear parents, bla.....bla....bla, gua cuman ngerti Dear Parents nya ajah, selanjutnya gua ngga ngerti. Intinya bos gua itu dua-duanya perlu pakai Batik hari Jumat ini. Gua kan ngga ikut-ikut dong urusan dalam negeri, wong gua kan fungsinya cuma awal bulan kasih uang sayur dan weekend ajak jalan-jalan sambil makan-makan saja, terkadang jadi macan yang sok galak nakut2in bos kecil yang mogok bikin Kumon. Selebihnya diserahkan pada Wakil Presiden di rumah.
Nah, celakanya Wapres (mantan pacar) saya ini mungkin karena habis melahirkan jadi prosesornya masih belum balik 100 %, baru ingatnya pas sudah sore, dan kebetulan saya pulang pagi (tumben). Maka kita sepakat untuk mencari 1 baju batik lagi untuk bos saya, karena memang sudah ada satu .... Bos saya yang ini mah enak, sudah tinggalnya sama saya gratis, makan dibayarin ......... sekarang dia mau pakai batik musti saya yang beliin.

Maka kita berangkat ke salah satu mal di Senayan dalam rangka menjalankan titah Bos, cari batik. Keliling punya keliling, itu batik ngga nemu. Mau di Metro (tanpa mini) atau Sogo (Shopping Gobl*k) yang ada hanya batik untuk dewasa ........ dan asli batik untuk anak kecil tidak ada. Sampai sangking desperatenya bos saya yang besar (kelas 3 SD) bilang ..... Why don't you choose this one ? Sambil nunjuk ke satu baju batik yang agak besar ukurannya. Saya hanya jawab ....... Bos, itu buat cewe.

Karena batik tidak ketemu, tentunya sebagai JS-er sejati saya tidak mau rugi. Walaupun sudah makan malam, tetapi kita harus cari alasan untuk coba makanan. Kalau begitu dessertnya saja. Jadi Bos besok bilang saja sama gurunya kita sudah usaha cari Batik tapi tidak ketemu ..... satu Mal ngga ada batik buat anak ..... Oke ? Si bos diam saja. Tapi namanya juga Bos demen dessert jadi dia suka ajah di ajak ke Bakerzin.

Sebenarnya kalau dengar Bakerzin saya pribadi sih tidak terlalu semangat. Dari akar katanya saja sudah kebayang ....... Baker = jam ..... ooops, bukan itu weker. Bakerz = tukang panggang (roti atau kue), in ..... bisa maksudnya Indri, bisa in = di dalam, atau bisa juga inn = rumah singgah. Jadi kira-kira artinya Indri tukang panggang roti ? Ha..ha..ha.. bukan, Rumah singgah tempatnya jago bikin kue ....... begitulah kira-kira artinya (kata guru Inggris Kumon bos saya). Kalau mantan pacar saya sih sudah tergila-gila (arti kiasan .... bukan arti sebenarnya) dengan Bakerzin sejak lama, dia sering ajak saya ke sini. Tetapi saya tahu, alasannya dia ajak saya bukan karena mau kasih tahu ada makanan enak ...tetapiiiii..... karena kartu kredit yang saya pegang ada diskonnya. Tapi tetap ajah gua ngga mau :P ... lha tagihannya kan tetap gua yang bayar. Tapi karena sudah gagal beli batik dan bos saya sudah agak kecewa, jadi saya musti ngalah deh, ngasih dessert supaya dia ngga sedih. Dan saya pernah baca Kepala Suku pernah menuliskan salah satu masakan di Bakerzin ini dalam salah satu emailnya. Jadi harusnya tempat ini boleh di coba.

Maka jadilah kita mampir ke Bakerzin untuk memesan dessert. Dessert karena dua bos saya sudah makan dan saya tidak makan malam (kecuali kepepet). Pas menunya datang ..... tahu-tahu dua bos saya dengan sigap sudah pesan .... Dondori Fillet, yang satu Penee ... mantan pacar pesan Aglio Olio dengan jamur. Lha....lha....lha.... kok kayanya ini bukan dessert. Dessert kan selain padang pasir artinya makanan penutup dan makanan penutup itu enteng-enteng. Kok ini pesanannya makan full ..... wah, gua kena ditipu neh. Budget buat beli batik bisa-bisa nombok habis buat makan di Bakerzin. Tapi karena sudah dipesan, kaya orang nyumbang bogem kalau lihat copet ketangkep digebukin maka saya ikut2an nambahin dosa ..... saya pesan Aglio Olio dengan Smoke Beef dan Beef Bacon. Dan sambil menunggu, saya lihat-lihat kue-kue yang dipajang. Kue-kue yang dipajang seperti potongan Tiramisu itu tampangnya sangat menggoda .... tetapi harganya membuat saya menjaga jarak .... jangan terlalu dekat, nanti dikira gua mau beli lagi ...... padahal itu tampangnya enak, sekalipun gua bukan penggemar kue ... itu tiramisu kelihatan kaya cewe borju. Bahannya bagus dan penampilannya oke. Ngga tahu rasanya .... kalau mau tahu ... gua musti batalin Aglio Olio untuk dapatin satu potong dengan Tiramisu (nah ... mahall kann, bukannya gua pelit ... memang mahal ... mendingan Aglio Olio ajah yah). Terus ada yang seru .... itu ada Mooncake. Yah betul, saya tidak salah lihat, di Bakerzin ada mooncake. Selama ini saya pikir hanya di restoran Chinese dan Hotel saja yang menyediakan Mooncake tiap tahun (selain rumah mami) dan tidak pernah terlintas sedikitpun di benak saya kalau saya bisa ketemu mooncake di cafe (menurut saya Bakerzin sih masuk golongan cape .... kalau orang Betawi bilang begitu). Saya cukup tertarik karena penampilannya memang menggoda, khususnya mooncake tanggungnya. Kalau mooncake besar itu tampangnya yah kaya mooncake ..... ngga beda sama mooncake lain, paling di atas kuenya ada cetakan tulisannya ... A-L-F-O-N-S ..... eh salah ... BAKERZIN.... tapi mooncake yang tanggungnya itu tampangnya menggoda sekali. Kulitnya ada yang putih, hitam, hijau, polka dot (ngga deh) dan seterusnya pokoknya ngga coklat. Saya tanya sama Mbaknya gimana mooncakenya enak tidak ....eeehh Mbaknya kirain saya mau beli, sini saya kasih testernya. OOOOHHH bisa testerr ?? Boleh Mbak, saya berlima lhooo ... Mbaknya langsung diam (kejebak hua ha ha ha) tapi karena sudah nawarin akhirnya dia kasih potongan-potongan mooncake coklat, putih, hitam dst beberapa potong. Waktu saya coba dengan mantan pacar ...... wah surprisingly good. Mooncakenya yang besar rasanya di atas rata-rata, tidak kalah enak dengan mooncake Hotel Mulia. Yang justru menjadi bintang adalah mooncake tanggungnya. Dari semua sample yang diberikan, justru itu yang diburu oleh juru icip dan habis. Jadi kalau JS-er mau cari mooncake alternatif ..... silahkan coba mooncake di Bakerzin.

Singkat kata, main course datang dan hasilnya....... Dondori Fillet itu rupanya fillet ikan (Dori ??) yang digoreng dan saya coba ... hmm rasanya oke. Tidak terlalu kering dan pas tidak berminyak ,tepungnya juga pas dan menggoda untuk menggigit potongan lebih besar. Tetapi tangan saya keburu dipegangin dan saya di pelototin bos saya yang pesan Dondori fillet jadi saya cuma bisa coba sedikit. Lalu Pene yang dicoba bos saya satunya .... ok, dapat nilai 8. Nah, giliran makanan saya datang ... Aglio Olio, sebenarnya namanya kaya yang bikin (ugly) .... bukan yang makan, tetapi rasanya mantap. Saya pesan sebenarnya bukan karena suka atau pernah makan makanan itu, tetapi karena di buku menunya ada keterangan bahwa Aglio Olio ini sudah dipesan sebanyak 20.000 porsi di Bakerzin. Artinya banyak dipesan yah (jangan bandingin sama burger Mc Donalds yang terjual.... itu mah kaya bandingin penjualan Yamaha bebek dengan Harley Davidson). Jadi ngga ada dasar kulinernya gua pesan makanan tetapi dasar marketingnya. Karena yang pesan banyak dan laku, artinya harusnya enak .... mungkin kalaupun ngga enak dirasa-rasa enak saja ... mengapa ? Kan sudah 20.000 porsi terjual.
Tetapi bagi anda penggemar mie Italy yang menghindari cream, susu ... ini merupakan pilihan yang tepat. Spageti dimasak dalam minyak Olive (kalau ngga salah ingat .... bukan minyak Popeye) lalu diberi daun yang berbau pizza, mungkin keju ..... dikasih bla..bla..bla, lumayan, bisa kenyang tanpa perasaan berdosa banget. Apalagi kalau toppingnya jamur, kalau saya sih pesan sapi asap dan bacon sapi.

Ok, saya sudah tepruaskan dan kita pulang. Tamat ceritanya selesai ... The End. Cuci kaki, sikat gigi, bobo.

Wah, kalau hidup bisa seperti itu sih enak banget. Rupanya habis bobo kita harus bangun lagi dan pagi-pagi mantan pacar saya sudah stress ....... itu bos ada dua, batik ada satu .... jadi gimana dong, siapa yang pakai batik ?? Wahduh ... kalau Wapres saja sudah bingung ... terpaksa Presidennya turun tangan.

Gampang ...... suruh suit saja, siapa yang menang itu yang pakai batik ...... susah banget ? Oh, ok deh, saya suruh suit. Eh... ngga berapa lama lagi dia kasih soal lagi ke saya .....

Lha ..... terus yang kalah pakai apa dong.

Waduhh, ini Wakil Presiden ngasih problem lagi ... pantes kamu jadi Wakil Presiden. Sini aku pecahin lagi masalahnya. Batik itu kan baju tradisional .... yah sudah kita punya apa lagi baju tradisional ?
Kemarin aku lihat ada sarung tuh, bos tidur pada pakai sarung, kamu bilangin ajah yang kalah suruh pakai sarung .... Sarung kan pakaian khas betawi ?

Wah, Wakil Presiden sampai terpana. Tapi kayanya dia ngga setuju ... (memang suka bandel nih Wapres ... tak pecat nanti). Terus dia ke dalam dan hasilnya, Bos kecil menang gam suit dan berhak pakai batik, bos besar ....... pakai sarung. Beres dong, mantap dong .... daripada kamu kedinginan.

Saya ke dalam untuk lihat hasilnya, bos kecil sih happy lagi pakai batik ..... bos besar sudah kaya ayam sakit ..... diaaaaaammm saja. Dalam hati saya pikir ..... apa sih anehnya pakai sarung ke sekolah, kalau saya yang sekolah sih cuek ajah. Tapi lihat bos besar kaya ayam sakit gitu saya pikir2 ulang ...... rupanya ide gua gila juga yah. Tapi yah gimana dong, bukannya ngga mau cari, tapi sudah dicari ngga ada (dan duitnya sudah habis buat makan2 di Bakerzin :P). Akhirnya Wapres kudeta saya, sini aku tulis di buku komunikasi guru ..... kalau kita sudah cari batiknya dan ngga ketemu. Jadi koko pakai baju seragam saja. Yah sudah ...... pas jalan ke kantor saya pikir2 lagi ... buset, ide gila juga yah. Kalau gua pakai sarung ke kantor ..... bisa-bisa gua di pelototin anak kantor sampai burung pipit pada masuk ke sarung gua ....... wkwkwkwkwk.

salam sarung ... eh ... batik,
Alfons

No comments: