Thursday, June 25, 2009

Eiffel I'm Gempor (part I)

Eiffel, I’m gempor

Setelah menghabiskan waktu 6 jam dan makan siang di restoran masakan Hongkong, disini jualannya agak ngawur (menurut saya). Idealis banget, jadi kalau kamu pesan nasi, itu nasi dimasukin kotak plastik bening dan ditimbang, lalu pesan sayur itu sayur dimasukin kotak plastik bening dan di timbang, terakhir saya pesan daging ayam panggang …. Dia masukin kontainer plastik dan ditimbang lagi …. Buset dah. Gua pesan minum Orangina … gua tanya … ini di timbang ngga (pakai bahasa mandarin ... bukan Indonesia, mana ngerti dia bahasa tingkat tinggi)…. Orangnya melotot ke gua. Kaya gua ngeledekin dia …. Weeee. Masakannya ngga enak, kaya makanan ransum di asrama. Semua sayur sudah matang dan tinggal di sendok saja seperti waktu makan di kantin2 (masa perjuangan dulu ...kuliah :P). Saya amati juga masakannya kayanya tuh bukan masak sendiri, jadi ada banyak restoran masakan Hongkong yang tiap lewat saya perhatiin dan saya ambil kesimpulan itu semua masakannya mirip2 banget, baik warna maupun bentuknya. Jadi kesimpulannya yang masak satu dan dia buka cabang dimana-mana, jadi jangan harap dapat makanan enak disini. Yang enaknya, air minumnya gratis, disediain botol2 yang sudah berisi air minum dan kalau ambil gratis asal beli makanan. Kalau ngga beli makanan bisa ajah ambil gratis, soalnya kan taruhnya di lantai atasnya …. Asal kamu bisa ngga ketahuan pas naik ke atas :p. Pura-pura nyamar jadi petugas apa kek atau pura-pura sudah beli makanan ….. asal jangan nyamar jadi Spiderman ajah …. Soalnya makannya susah, topengnya ngga ada bagian untuk masukin makanan kaya Batman.

Nah, setelah makan dan mendapatkan energi kembali, maka tibalah acara puncak. Ke menara Eiffel. Sebenarnya kaki gua sudah mulai gempor. Walaupun sudah pakai kaus kaki tebal dan sepatu kets untuk jalan jauh tetapi namanya kaki kalau dipakai untuk jalan dan berdiri 6 jam, kalau krupuk itu sudah kaya krupuk kena air … sudah mau leyeh-leyeh.
Sampai di stasion Metro yang keluar di Eiffel (kalau ngga salah ingat nama stasiun metronya Tour Eiffel), pas keluar saya disambut udara dingin …. 14 derajat Celcius, karena habis hujan. Menara Eiffel berdiri dengan megah di depan saya. Wah keren habisss, gua cepat-cepat jalan menuju menara. Tapi rupanya apa yang saya lihat tidak sesuai kenyataan. Walaupun Eiffel sudah kelihatan dari tempat saya berdiri … jalannya jauuuh juga (menurut ukuran kaki saya yang sudah mulai gempor), sekitar 500 – 1.000 meter. Kalau kaki normal sih santai ajah, tapi ini kaki sudah gempor keluar masuk museum Louvre dan Sainte Chapelle dari jam 7 pagi. Tapi namanya sudah niat yah saya jalan ajah, cuek deh, sudah jauh-jauh ke Paris kalau ngga dapat pegang besinya menara Eiffel gua ngga mau pulang he..he…he.
Pas sampai di menara Eiffel ……. Busetttt, luar biasa, itu menara tingginya 300-an meter, salah satu kakinya (ada 4) ajah lebih gede dari rumah gua (soalnya gua tinggal di apartemen ha..ha..ha..), tapi ini beneran gede, perasaan lebih gede dari Kingkong … tuh bener kan gede (ini bener-bener ngga nolong yah perumpamaannya). Bisa ngga bayangin itu menara dibangun di tahun 1800-an. Cuma orang kaya dan gila yang mampu dan bisa bangun menara ini. Gua merasa ngga rugi banget sudah sampai disini. Dan saya juga lihat ada antrian panjang di salah satu kakinya, kaki Utara itu kaya antrian beras gratis di Indonesia (yang sekarang mungkin diganti antrian mie instan … sambil diiringi lagu… Dari Sabang Sampai Meraukeeee….). Waktu saya tanya itu antrian apa ……. Rupanya antrian lift naik ke atas.

WOW !!!, bisa naik ke atas pakai lift. Gua langsung semangat lagi. Tapiiiiii …… pas lihat antriannya …… gua langsung bete. Karena pada prinsipnya gua ngga suka ngantri, apalagi sampai panjang gitu. Bisa 3 jam gua berdiri baru dapat giliran. Ngga segitunya deh gua kepengennya. Maka saya urungkan niat dan teruskan jalan sambil terus menegadah dan mulut menganga sampai lidah terasa kering soalnya lupa nutup mulut (untung disana jarang laler). Pas sampai kaki satunya, kaki selatan saya lihat lho…. Kok ini antriannya pendek. Paling 15 menit sudah pasti dapat giliran, ha..ha..ha.. bodohnya orang-orang yang antri di kaki utara itu, mangkanya …… sebelum antri tanya Alfons dulu. Saya langsung semangat, ngga pakai tanya ba bu saya langsung ikut antrian. Pas diperiksa tas saya saya tanya sama yang jaga ….

What is the difference between this queue and that one ? (sambil nunjuk antrian panjang tadi)

Oh …. It’s the same, up to the tower.

But why this line is short and that one is longg ?

Penjaga negronya jawab…..

Ooooh, this one is going by stairs.

HAAAAAAA

By stairs ???… Stairs kan bahasa Inggris dan kalau tidak salah artinya anak tangga yah, kaya lagunya Led Zeppelin itu loohhh. Masa gua manjatin menara 300-an meter ini naik tangga ? Ngga sekalian pakai tambang ajah atau panjat tebing ?? Tapi karena sudah di dalam antrian dan di belakang banyak juga bule2 cewe memandang dengan muka nyinyir (menurut perkiraan gua)…. Gua gengsi dong kalau sampai keluar antrian, mana ada banyak nenek2 lagi ….. bisa2 pasaran gua hancur nih, masa kalah sama nenek2. Jadi gua bulatkan tekad ikut ajah. Hayo dah, gua kan olahraga treadmill seminggu 3 kali. Gua yakin tuh muka-muka males pada ngga olahraga teratur, pasti lu cape duluan sebelum gua. 10 menit saya dapat giliran, bayar 4.5 Euro dan saya langsung masuk ke kaki selatan dan mulai naik tangga. Saya naik bareng satu pasangan bule umur 30-an lah dan dibelakang 2 anak muda. Pas set 50 tangga pertama masih semangat dan tinggi kecepatannya. Pas sudah set tangga 50 – 100 sudah mulai kerasa, kok kaki gua pegel yah. Padahal sudah gua akal2in, tiap 20 tangga berhenti sedikit, tarik napas … hirup udara Paris yang segarrr. Tapi makin lama berhentinya makin sering. Bule di belakang gua sudah ngga sabaran dan gua akhirnya diselak ……. Harga diri gua terinjak, gua ngga mau kalah …. Gua uber tuh dua bule jelek tadi. Pasangan di depan gua, gua lewatin sambil atur napas dan meringis soalnya kaki gua pegel banget. Pas 150 tangga ….. gua mulai berpikir …… apa gua salah tangga kali yak…. Kok tangganya ngga habis-habis, gua berasa kaya Jack and the Bean-Stalk. Bule jelek yang gua uber tadi mah sudah ngga tahu kemana ..…hilang …. Gua berasa naik Gunung Salak sendirian dan keleyengan. Akhirnya speed makin rendah dan dengan susah payah saya berhasil mencapai anak tangga ke 200. Kaki sudah ngga mau kompromi, rasanya sudah mau duduk ajah tapi di belakang sudah mulai pada sampai dan ngga ada yang duduk dan semua melangkah naik terus …. Alamaaaaaak …. Ini ngga adil, PASTI tadi pada belum ke Louvre dan Sainte Chapelle. Masa gua bisa pegel kaya gini. Saingan gua yang paling deket nenek2 yang dengan ceria walaupun pelan naik terus. Pokoknya jangan sampai nenek2 itu lewatin gua deh, yang lain boleh lewatin gua. Akhirnya dengan 10 % energi dan 90 % harga diri tersisa saya berhasil mencapai anak tangga ke 250 dan berada di tingkat 1 dari Eiffel. Sempai di atas disana saya langsung lupa bahwa saya cape karena pemandangannya bagus sekali. Ibaratnya gua berhasil naik puncak Gunung Everest dan merayakan keberhasilan, saya keliling muterin Eiffel lantai 1 untuk melihat-lihat Paris. Tidak lupa foto-foto sampai pegel berbagai macam gaya, ambil Blackberry, nyalakan GPS dan ambil posisi, lalu SMS ke mantan pacar ….. gua sudah di Eiffel. http://maps.BlackBerry.com?lat=48.85864&lon=2.29461&z=2&label=Where+I+Am

Tapi setelah SMS saya baru sadar kalau tiket yang saya beli itu ada tulisannya … to the 2nd floor. Dan orang-orang yang bareng saya naik tangga juga sudah pada menghilang. Paling muncul muka-muka baru. Wah …. Ada lantai dua toh, gimana nih, berani naik tidak ?

==bersambung==

PS : Kalau ngga sabar kirimin dulu gua voucher Tony Roma's :P.

salam,
Alfons

1 comment:

fitri said...

pengen ngasih komentar yang lebih berkualitas, tapi maaf mas, kayaknya cuma satu yang cocok: huahahahahahahahahahhahahahahhahaha -ketawa guling2 mode on-