Monday, June 11, 2007

Nightmare on the Airports

Sebelum cerita tentang kotanya, tentunya lebih penting cerita tentang Airportnya.

Petugas Imigrasi tukang rogoh.
Saya sering baca di milis atau koran-koran kalau petugas imigrasi di negara barat itu over acting ... ngga tahu apakah karena ngelamar main sinetron ngga diterima jadi overactingnya di airport dan yang jadi korban adalah para penumpang pesawat yang apes .... pokoknya kalau lewatin metal detektor bunyi... TIIIIIIIITT (cuma sekali, bukan dua kali) ... maka kamu harus rela untuk dirogoh-rogoh.
Jadi waktu transit di Schipol - Belanda, saya harus lewat metal detektor. Selama ini di Indonesia metal detektor sih bukan barang baru dan sudah menjadi trend sejak banyak bom dan ancaman bom di Jakarta (cuma ngga terlalu gaya gitu, rata-rata warnanya sama dan tidak ada metal detektor yang sok gaya warnanya pink atau oranye ngejreng). Padahal apa yang diperiksa oleh Satpamnya sih saya ngga yakin efektif untuk mencegah ancaman bom. Paling buat marketing gimmick atau gaya ajah ....... ada Satpam bawa metal detektor di gedung ini, jadi kalau mau masuk ke mal ini buka pintu dulu yah ...... kalau memang beneran ada yang berniat jahat ...... itu sudah berhasil... mengapa ??
Karena SOP (Standard Operating Procedur) nya tidak dijalankan dengan benar.
EG : Satpam meriksa mobil, tetapi depannya paling di halangin Cone saja (cone pembatas jalan..... bukan cone ice cream, kalau cone ice cream mah sekalian ajah satpamnya jualan Gelato :P). Lha, kalau orang mau terobos..... artinya bisa masuk dong. Harusnya kan dikasih palang besar EG kaya di pelem2, dipalangin dulu sama mobil polisi atau panser sekalian biar tidak diterobos :P ..... atau at least seperti di Shangrila dan Mak Erot (Marriot) yang terakhir waktu masuk ke sana sampai diminta buka kap mobil dan dipalangin pakai portal besi, tapi sempat berantem soalnya benar2 overacting .... apalagi kalau sampai berlagu sama orang lokal dan takut sama bule / orang asing ........ gua paling napsu (napsu ngajak berantem....... bukan napsu yang lain .... emangnya gua AC/DC...).

Nah, pengalaman pertama di Belanda dengan petugas overacting ini terjadi.
Waktu mau transit, saya sudah dapat nampan, berasa makan di Hokben ajah. Cuma bedanya ini yang dibawa bukan Paket A, tetapi tas kita dan tidak ada petugas kasir yang menunggu diujung tetapi petugas imigrasi (dua-duanya menakutkan sih). Percobaan pertama gagal dan disuruh keluar lagi karena laptop harus dikeluarkan dari tas. Jadi terpaksa saya balik lagi untuk mengeluarkan laptop (kalau ngga ada laptop mana bisa kirim email ke JS :) ). Laptop duduk manis di nampan, lalu disampingnya tas dan kawan-kawan. Terus saya tanya .... belt..belt ? Maksudnya ikat pinggang ... petugas yang di depan geleng... no.....no.....Go !!.. Karena disuruh go... maka jadilah saya masukin badan lewatin metal detektor. Hasilnya ..... TEEEET, kaya Regu A kalau lagi berebut jawab cerdas cermat. Cuma ini teet nya bukan dapat nilai seratus tetapi saya langsung di gelandang ke samping dan dilantai sudah ada stiker cap telapak kaki warna biru dan saya harus meletakkan kaki disana. Petugasnya ada dua orang, yang satu cowo dan satunya cewe ... dua-duanya jelek. Kalau yang periksa J-Lo sih gua buru-buru masukin koin kemana-mana... kantong kiri..kantong kanan, depan belakang. Tapi yang ini sudah badannya setebel2 Big Mac, gendut, gede, jelek ... tanpa ba..bi...bu langsung suruh naikkan tangan kaya Leonardi Di Caprio di depan kapal Titanic tapi ini minus Kate Winslet dan pegang-pegang sana sini. Buset dah, pacar gua ajah ngga seagresif gini ... kok ini gua dirogoh dimana-mana. Termasuk selangkangan (yang saya kira bakalan sopan dikit dilewatin cepat-cepat) tempat keris pusaka disimpan juga ini malahan dibagian itu special agak lama ... bete banget.... gua sumpahin biar perut buncitnya cacingan.


Di Spanyol airport Palma de Mallorca saya sudah siap, masing-masing dapat nampan plastik dan dan masukkan semua barang bawaan. Saya sudah taruh tas, keluarkan laptop, dompet, kacamata, cincin ..... pulpen, nah sekarang ngga lupa, ikat pinggang gua lepas sama paspor dan tiket sekalian deh. Kecuali cd mengandung metal gua baru bisa dirogoh2 karena metal detektor bunyi.
Pas Lewat ........ehh bunyi juga....bete ngga. Sudah pasrah angkat tangan tinggi2 gaya Leonardo Di Caprio minta dirogoh, yang periksa ngga sejelek dan segendut si Belanda ... dia juga ogah kali, saya disuruh balik lagi...... Shoes !!.....Shoes !!....Shoes !!..... katanya.. Shoes ?? Itu kan Bahasa Inggris dan artinya sepatu..... Moso ada besi di sepatu gua, gua kan bukan koboi ?? Akhirnya gua lepas juga, cuma pakai kaus kaki ......TEEETT......bunyi lagi... .. Sebelum dia bilang panty.....panty...... Gua cepat-cepat periksa sendiri.... ASEM, rupanya gua ngantongin koin untuk tips dan lupa gua keluarin dari kantong celana. Amit2 dah. Ngga dua kali ngantongin koin lagi. Beres2 membutuhkan 5 menit. Pakai jaket, masukin laptop ke backpack, pasang hp di ikat pinggang, ...eh.. lupa ikat pinggangnya belum dipakai, jadi pakai dulu, pasang pulpen, pakai kacamata hitam (ngga bawa tongkat sih ... sama bunyiin kaleng... biar dikira tukang pijit). Sambil nyumpah2 eh di seberang ada gringgo yang lebih apes lagi, tampangnya dan dandanannya keren kaya Lorenzo Lamas, badannya atletis. Ketangkep bawa minuman... dia musti habisin, diminum tapi ngga habis, akhirnya dia buang, ada shampoo......disita, deodoran......disita, sabun cair......disita (maksudnya disita itu dimasukkan tempat sampah... gua jadi pemulung di Airport Eropa bisa kaya kali yah). Masih belum cukup apes.......eh..ada minyak wangi lagi, masih banyak lagi .........mereknya cicak cicak di dinding lagi (CK....ck..ck..ck). Ha.....ha......ha...... Si gringo keren bakalan bau hari ini :p. Namanya ganti Lorenzo Lemes.


Karena setress tadi gua langsung cari toilet ....... untung ngga ketakutan sampai basah di celana, saya masih punya kontrol yang bagus terhasap teritori yang satu ini (belum memberontak seperti mulut). Saya langsung cari toilet. Cukup banyak toilet tersedia di sepanjang airport. Supaya pasti dapat dan tidak mau yang kotor kalau karena terlalu banyak orang yang pakai saya sengaja pilih yang sepi dan agak jauh di dalam airport, toilet ke enam yang saya temukan. Setelah masuk, saya cari kloset duduk, pas mau buka pintu ........ngga bisa, ooh kalau begitu di tarik... saya tarik.......ngga bisa, dorong lagi lebih kuat .......ngga bisa juga, handle turun dorong kencang ........ngga bisa, handle naik ........tarik pintu..... ngga bisa juga.... walahhhh kok gini. Baru kepikiran mau pakai cara lain......pokoknya harus tekad baja kalau mencapai tujuan (seperti kata bu guru) ..tahu2 ada bunyi dari balik pintu ......BUK...BUK...BUK. Asem, rupanya ada orang di dalam yang sedang mengerami telur juga. Pantas ngga bisa dibuka. Buru-buru lari sebelum ketemu penghuninya, siapa tahu si Gringgo tadi yang lagi bete.

Gate di Barajas.
Airport di Barajas (Madrid) itu panjang banget. Belalai utamanya ada 20 buah (kalau saya ngga salah hitung... tapi kira-kira segitu), masing-masing belalai utama bercabang dua lagi. Sebagai gambaran panjangnya airport itu, ada petunjuk jalannya kalau mau ke gate U waktunya 24 menit. Nah, saya dapat boarding pass dengan gate HJK. Saya kira salah cetak, saya cek di monitor keberangkatan pesawat ... benar... Gatenya HJK, kalau gitu harus ketemu tuh Gate. Tekad Baja Membulat menemukan Gate. Saya cari-cari 1/2 jam-an (waktu saya sengaja saya set 2 jam di airport ...... in case rame atau ada sesuatu yang salah) NGGA KETEMU. Yang ada gate H, Gate J atau Gate K (setelah itu baru H22... atau K31....atau J24). Akhirnya saya nyerah ...... baru mau tanya ...... terus dijelaskan oleh informationnya.... ini maksudnya.. kalau bukan Gate H... yah Gate J.... atau Gate K... kamu tunggu ajah 1/2 jam sebelum boarding... di monitor akan berubah sendiri gatenya..... buset dah, kalau gitu mah ngga usah dikasih tahu. Cetak ajah Gate ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ. Jadi kalau bukan gate A yah gate B, kalau bukan juga yah gate C dan kalau apes yah dapat Gate Z pas mulut sudah berbusa sebutin semua abjad.

Oh ya, menurut pendengaran saya, pesawatnya tidak melakukan pengereman mesin waktu berhenti. Kalau saya naik pesawat di Indonesia, tiap kalu landing mesin pesawat itu keras sekali dan saya menduga tenaga jet mesin di balik dan digunakan untuk mengerem pesawat. Beberapa kali saya perhatikan Iberia dan KLM waktu landing suara mesinnya tidak meraung kencang seperti pesawat di Indonesia. Jadi seperti di rem dengan roda dan dengan mulus sudah berhenti.... ada rekan yang tahu sebenarnya bagaimana ? Apa pesawat Indonesianya tua, atau tidak ada peredamnya (kayanya sih ngga deh) atau landasan di Indonesia pendek... sehingga harus pakai rem mesin ?

Cerita Madridnya besok yah.

salam,
Alfons

2 comments:

Anonymous said...

Alfon...kamu itu kok lucu banget sih.....ini kali kedua aku terbahak-bahak baca ceritamu. yang pertama waktu cerita Bali.
Dapet ide darimana sih ?

salam,
yunita
sidauruk23@yahoo.com

Alfons On The Blog said...

Gua dendam soalnya sama petugas imigrasi Belanda yang sembarangan rogoh-rogoh perabotan itu.

salam,
Alfons